5 Marketplace NFT Terbesar Tahun 2021

Sagara Technology . December 20, 2021

Picture : Freepik.com


Non-Fungible Token atau biasa disingkat dengan NFT merupakan adalah fenomena cryptocurrency terbaru yang saat ini ramai menjadi perbincangan. Jadi apa itu NFT? Dalam istilah yang paling sederhana, NFT mengubah karya seni digital dan barang koleksi lainnya menjadi aset yang dapat diverifikasi dan mudah diperdagangkan di blockchain. NFT memungkinkan pembuat konten untuk benar-benar memiliki hak atas kreasi digital mereka. Kepemilikan NFT juga dapat dikategorikan aman. NFT didapatkan melalui berbagai marketplace di internet. Berikut ini merupakan 5 Marketplace NFT Terbesar pada Tahun 2021 :

  1. OpenSea

OpenSea adalah marketplace non-fungible token (NFT) terdesentralisasi untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan NFT. Dilansir dari website resmi OpenSea merupakan peer-to-peer marketplace untuk NFT. OpenSea menjadi marketplace NFT terbesar sampai saat ini dengan total volume perdagangan lebih dari $13B. 


Marketplace ini menawarkan semua jenis aset lain di blockchain seperti lisensi perangkat lunak, collectibles,crypto kitties, dan barang digital lainnya di blockchain, sehingga marketplace ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai jenis transaksi crypto. Mayoritas transaksi NFT di OpenSea menggunakan Ethereum atau ETH. Namun, OpenSea menyebutkan, mata uang lainnya di platform mereka antara lain Ethereum (ETH)/WETH, USDC, dan DAI.) 


Sebelum pembeli dapat berbelanja, Pembeli harus terlebih dahulu mengonversi ETH menjadi Wrapped ETH (wETH). Setelah pembeli memiliki wETH, pembeli dapat memilih NFT dan mengajukan tawaran dengan sistem lelang. Jika pembeli adalah penawar tertinggi di akhir lelang, pembeli dapatkan mendapatkan NFT tersebut.

  1. Axie Infinity


Axie Infinity merupakan video game NFT. Axie Infinity menjadi rumah bagi pasar NFT terbesar kedua, dengan volume perdagangan kumulatif lebih dari $3.81B. Axie tidak seperti NFT yang berbasis seni yang menjadi sebuah koleksi. NFT Axie Infinity memiliki tujuan yaitu sebagai sebuah karakter yang dapat digunakan dalam game untuk memerangi monster dan pemain lain untuk mendapatkan token yang kemudian  token tersebut dapat digunakan untuk membiakkan spesies baru. NFT Axie Infinity telah terbukti sangat menguntungkan sehingga beberapa pemain di Filipina dan Indonesia berkarier dengan membiakkan dan memperdagangkannya.


  1. CryptoPunks



CryptoPunks adalah serangkaian 10.000 karakter yang dibuat secara acak dengan style seni piksel dan fitur berbeda. Karakter CryptoPunks terdiri dari 6.039 Punk laki-laki dan 3.840 Punk perempuan CyptoPunks merupakan salah satu marketplace NFT pertama di jaringan Ethereum dan dibuat oleh Larva Labs.


Pada tahun 2017, ketika CryptoPunks awal dirilis, harganya masing-masing antara $ 1 dan $ 34. Namun, sekarang hanya dengan satu CryptoPunk, dapat menghasilkan biaya jutaan dolar. Pada saat ini harga NFT CryptoPunks sudah terbilang tinggi. Punk dengan harga terendah berharga 94,99 ETH (sekitar $285.000) sedangkan Penjualan CryptoPunk paling mahal dijual pada bulan Juni tahun ini seharga $ 11,7 juta. Selain itu, total volume perdagangan Larva Labs saat ini telah mencapai sebesar $2.31B. Untuk memulai bertransaksi CryptoPunk, pelanggan cukup menghubungkan dompet MetaMask, kemudian mencari daftar Punk yang tersedia dan masukkan ke daftar tawaran pelanggan.

  1. NBA Top Shot Marketplace

NBA Top Shot adalah kumpulan kartu perdagangan digital yang menggabungkan klip sorotan video NBA yang merupakan salah satu seri NFT pertama yang mendapatkan popularitas di kalangan khalayak umum. Saat pembeli membeli paket, klip disimpan di dompet terverifikasi blockchain yang aman dan terenkripsi, tempat pembeli dapat menonton atau menjualnya kembali di NBA Top Shot Marketplace. Perancang NBA Top Shot, Dapper Labs, telah mempermudah pengguna rata-rata untuk memulai, yang merupakan kunci popularitas game. Mendaftar untuk NBA Top Shot semudah menautkan akun Google Pembeli ke Dapper, setelah itu Pembeli akan diminta untuk memberikan nomor telepon Pembeli untuk otentikasi SMS.


  1. Rarible


Salah satu marketplace NFT terbesar berbasis Ethereum adalah Rarible. Rarible adalah platform milik komunitas yang menampilkan berbagai seni digital dan koleksi. Saat ini memiliki volume perdagangan tertinggi kelima sepanjang masa menurut Dappradar, dengan $ 210 juta telah berpindah tangan. Mirip dengan OpenSea, pembeli dapat membeli dan menjual semua jenis collectibles. Penjual juga memiliki opsi untuk membuat lebih dari satu NFT untuk satu gambar, menjualnya lebih dari sekali.Pembeli dapat masuk menggunakan berbagai dompet kripto yang berbeda, termasuk MetaMask, Dompet Coinbase, MyEtherWallet, atau dompet wallet apa pun menggunakan Wallet Connect. 

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar