Pemerintah Siapkan Vaksin Covid Booster Tahun Depan

Teknologi.id . October 27, 2021

Foto: Kemenkes

Teknologi.id - Rencana pemberian vaksin Covid-19 booster kini tengah disiapkan oleh pemerintah untuk masyarakat dan akan dilaksanakan mulai tahun 2022 nanti.

Kini rencana tersebut sedang dilakukan pengkajian oleh lembaga penelitian dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Tahun depan memberikan [vaksin] booster sekarang sedang dikaji lembaga penelitian dengan ITAGI melihat kombinasi yang baik," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers online, Selasa (26/10/2021).

Budi berharap secepatnya pada akhir tahun ini, kebijakan soal penyuntikan vaksin booster untuk masyarakat sudah menemui titik terang.

Baca juga: Cara Mengatasi PeduliLindungi Susah Login dan Scan QR Code

Meski begitu, nantinya vaksin tambahan tersebut tidak akan diberikan kepada seluruh masyarakat melainkan hanya pada beberapa kelompok masyarakat saja.

Kelompok masyarakat yang dimaksud adalah mereka yang mengalami risiko tinggi yaitu tenaga kesehatan (nakes) dan juga kelompok lansia.

Selain itu vaksin dosis tambahan tersebut juga diberikan untuk masyarakat yang mengalami gangguan imunitas, yakni penderita HIV dan kanker.

"Nakes dan lansia (yang risiko tinggi), masyarakat kategori terganggu imunitas terkena HIV dan kanker," jelas Budi.

Baca juga: Cara Daftar Vaksin via JAKI dan VaksinLoket Tanpa Ribet

Seperti diketahui, beberapa bulan ke belakang tenaga kesehatan sudah mendapatkan vaksin booster, dimana sebelumnya mereka sudah mendapatkan dua dosis vaksin Sinovac.

Para nakes sebagai salah satu kelompok yang berisiko tinggi telah mendapatkan vaksin Moderna sebagai vaksin tambahan. Vaksinasi pertama dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada pertengahan Juli lalu.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar