Manfaatkan Koneksi Bluetooh, Linux Bikin Aplikasi Pelacak Covid-19

Nimas Disri . July 26, 2020

Foto: Pandemic Tech News

Teknologi.id - Linux melibatkan diri dalam penanggulangan Covid-19 dengan membentuk organisasi yang diberi nama Linux Foundation Public Health (LFPH). Organisasi ini beranggotakan Cisco, doc.ai, Geometer, IBM, NearForm, Tencent, dan VMware. Di bawah naungan LFPH, Linux menginisiasi proyek Covid Shield dan Covid Green, di mana Covid Shield merupakan aplikasi mobile palacak penyebaran Covid-19. 

Baca Juga: Pengguna Fitbit Bisa Bantu Penelitian Covid-19 dengan The Mass Science

Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi API dari Google dan Apple. Memanfaatkan koneksi Bluetooh di ponsel, aplikasi ini akan melacak orang-orang terkait yang saling berinteraksi. Saat sebuah smartphone memasang aplikasi Covid Shield, secara otomatis terjadi pertukaran informasi dengan smartphone lain yang juga memasang aplikasi ini. Lantas, pengguna dapat mengetahui apabila dirinya pernah kontak dengan pasien positif Covid-19. 

Sayangnya aplikasi ini tidak dapat diunduh secara langsung di Google Play Store atau Apple Store, dan hanya bisa didapatkan lewat otoritas kesehatan masyarakat lokal di Kanada. 

Direktur Eksekutif Linux Foundation, Jim Zelim menuturkan bahwa selama krisis global ini, Linux Foundation akan mendukung sepenuhnya LFPH. Perusahaan juga terbuka untuk menyambut otoritas kesehatan atau perusahaan teknologi lain yang ingin menggunakan aplikasi buatan LFPH. 

Baca Juga:Teknologi Baru Lawan Corona, Diagnosis Penyakit Paru-paru Berbasis AI

Sementara itu, Covid Green merupakan aplikasi pelacak yang memiliki kegunaan dan cara kerja yang sama dengan Covid Shield. Yang membedakannya, aplikasi ini dikembangkan oleh NearForm dan hadir di Irlandia sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. Diluncurkan sejak dua minggu lalu, aplikasi Covid Green telah dipakai oleh sepertiga populasi orang dewasa di Irlandia. 

Selain mengembangkan kedua aplikasi ini, LFPH sempat bekerja sama dengan TCN Coalition dalam membangun aplikasi pelacak Covid-19 yang serupa. TCN Coalition berjanji untuk mengembangkan alat pelacak Covid-19 untuk disebarkan secara global. 

(nd)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya