Jangan Asal Beli, Ini Standar Masker Kain yang Baik Kata WHO

Rima Fidayani Rizki . September 21, 2020

Foto: CNN

Teknologi.id - Masker non-medis yang dapat dicuci ulang semakin marak bermunculan dengan beragam jenis bahan dan model. Jenis masker yang akhir-akhir ini sedang naik daun adalah masker scuba dan buff. Namun, ternyata kedua jenis masker ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai proteksi. Lho, kenapa?

Baca Juga: Sambut Paris Fashion Week dengan Ransel In-Game Pokémon Go

Masker scuba dan buff ini ternyata tidak efektif untuk mencegah droplet. Efektivitas masker jenis ini hanya sekitar 0-5%, jauh di bawah masker kain tiga lapis yang persentase efektivitasnya mencapai 50-70%.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pun menegaskan jika pemakaian kedua jenis masker tersebut tidak direkomendasikan untuk dipakai di sejumlah fasilitas publik karena risiko yang tinggi untuk tertular COVID-19.

"Masker scuba ini masker satu lapis dan terlalu tipis. Sehingga kemungkinan tembus dan tidak bisa menyaring lebih besar. Maka disarankan menggunakan masker lain yang lebih berkualitas," tutur Jubir Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers di Kantor Presiden, dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa (22/9).

Nah, jika ingin menggunakan masker kain, maka ada baiknya memilih masker yang mengikuti standar WHO. Menurut WHO, masker yang baik terdiri dari tiga lapis, yaitu lapisan dalam, lapisan tengah, dan lapisan paling luar.

Lapisan paling dalam sebaiknya terbuat dari bahan hidrofilik, seperti katun atau campuran katun. Lapisan tengah terbuat dari bahan hidrofobik yang berasal dari bahan tanpa tenun sintetis seperti polipropilena atau dapat pula dari bahan katun yang dapat meningkatkan filtrasi dan menahan droplet. Terakhir, lapisan terluar terbuat dari bahan hidrofobik seperti polipropilena, poliester, atau campuran keduanya.

Baca Juga: Apple Resmi Luncurkan Emoji Penyandang Disabilitas

Selamat memilih masker dengan bahan yang baik dan benar!

(rf)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya