Airbus Bikin Kamera Pendeteksi Virus Corona di Pesawat

abdurrahmansaleh . May 11, 2020

Kamera Pendeteksi COVID-19. Foto: Koniku


Teknologi.id - Pabrikan pesawat asal Eropa, Airbus kabarnya tengah mengembangkan teknologi kamera yang memiliki sensor pendeteksi virus Corona (COVID-19).

Sensor pada kamera tersebut menggunakan mikroprosesor yang terbuat dari sel biologis untuk mengidentifikasi bahan kimia dan mikroba di udara. Teknologi ini sebelumnya pernah digunakan untuk mendeteksi kanker dan influenza.

Direktur keamanan produk Airbus, Julien Touzeau, menjelaskan sensor pada kamera mampu mendeteksi area yang terkontaminasi virus Corona dengan cepat. Nantinya sensor akan segera membunyikan alarm jika mendeteksi molekul tertentu. 

"Teknologi ini punya respons cepat di bawah 10 detik dalam kondisi terbaik. Ini hasil yang luar biasa dan harapannya bisa berkembang seiring waktu," kata Julien dilansir dari Daily Mail, Senin (11/5).

Baca JugaStartup China Ciptakan Kacamata Pintar Pendeteksi Gejala COVID-19

Julien menambahkan, sistem contactless pada kamera tersebut lebih cepat, lebih murah dan bisa diandalkan daripada anjing pelacak.

Dalam mengembangkan teknologi ini, Airbus mengandeng perusahaan spesialisasi neuroteknologi yang berbasis di California yakni Koniku.



Baca JugaRAISA Generasi Terbaru Resmi Diluncurkan dengan Tambahan Fitur

Sementara itu, pendiri sekaligus CEO Koniku, Osh Agabi, menyatakan dalam sebuah posting blog mengatakan, pihaknya bersama Airbus sudah bekerja sama sejak 2017 mengembangkan solusi bioteknologi untuk mendeteksi kimia dan peledak di dalam pesawat dan bandara.

"Sekarang kita mengadaptasi pengembangan kami untuk memasukkan deteksi dan identifikasi ancaman biologi termasuk patogen seperti SARS-CoV-2. COVID-19 adalah ancaman besar dan tidak bisa disikapi biasa," kata Agabi.

(Rmn)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar