Stellar Women bersama Lenovo Dukung Transformasi Digital Bisnis Perempuan

Teknologi.id . June 30, 2022

Jakarta, 30 Juni 2022, Stellar Woman, sebuah platform yang mendukung dan menghubungkan perempuan berdaya dan menginspirasi lebih dari 10.000 perempuan Indonesia, mengadakan Stellar Woman Future Leaders Lab sebagai upaya membangun kesetaraan gender dalam dunia bisnis dan teknologi.

Hal ini dilakukan dengan mendorong sektor bisnis untuk mengimplementasikan program berkelanjutan dan juga pemberdayaan perempuan. Acara bertema Female Founders Talk: Discovering the Unthinkable Business Innovation menjadi pembuka program Stellar Women Future Leaders Lab yang didukung oleh Lenovo Indonesia, sesuai dengan komitmen Lenovo Indonesia untuk mendukung langkah-langkah keberlanjutan dan melakukan pemberdayaan perempuan dengan memberikan tempat yang setara bagi perempuan.

Kewirausahaan merupakan fondasi sosial dan ekonomi di berbagai negara di wilayah Asia-Pasifik, termasuk Indonesia. Berbagai unit ekonomi kecil yang mencakup usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta wirausaha, menjadi penyumbang terbesar PDB, sekaligus pencipta lapangan pekerjaan terbesar. Walaupun semua wirausaha menghadapi tantangan yang berat, wirausaha perempuan di Asia Tenggara menghadapi hambatan struktural yang lebih besar akibat norma gender yang diskriminatif, seperti tidak tersedianya jaringan kewirausahaan dan mentor sehingga perempuan kesulitan untuk memulai dan mengembangkan usahanya, terutama di era digital seperti saat ini. Menurut laporan yang dirilis UNICEF, mengatasi hambatan gender merupakan agenda mendesak pasca krisis pandemi Covid-19 yang dapat memberikan kontribusi GDP global sebesar 13 triliun dollar AS pada tahun 2030.

Beberapa aspek kehidupan akan mengalami pergeseran secara fundamental, termasuk cara konsumen berbelanja produk. Menurut data McKinsey pada bulan Maret 2022, sekitar 60-80% konsumen akan terus menggunakan layanan online sebagai akibat perubahan perilaku pelanggan akibat pandemi Covid-19. Terkait dengan fenomena ini, teknologi digital adalah pendorong era baru sebagai alat pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, dibutuhkan langkah strategis dan kecakapan digital untuk beradaptasi, berinovasi, dan melakukan transformasi digital agar pengusaha mampu mengatasi tantangan bisnis saat ini.

Dengan slogan “Empowering Indonesian Women to Innovate Through Technology”, Stellar Women dan Lenovo mendorong perempuan Indonesia untuk tidak hanya menghadirkan berbagai inovasi baru pada bisnisnya melalui peningkatan produktivitas,kolaborasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, khususnya dengan memanfaatkan teknologi, tetapi juga mendorong pengembangan diri baik secara personal ataupun profesional.

Hal ini juga sejalan dengan visi Stellar Woman dan Lenovo Indonesia dalam pemberdayaan perempuan. Stellar Women dengan berbagai programnya bertujuan untuk memberikan wadah untuk perempuan berambisi mewujudkan impiannya. Sementara itu, Lenovo Indonesia dalam kampanyenya ThinkBook “Do The Unthinkable,” mendorong pelaku bisnis perempuan untuk dapat terus produktif dan berinovasi dalam menjawab tantangan bisnis saat ini.

Hal menarik yang menjadikan program pemberdayaan perempuan kali ini hadir lebih unggul dengan dibanding yang lain adalah kurikulum pelatihan yang didesain khusus sesuai dengan kurikulum bisnis berbasis teknologi dengan pembimbing yang profesional, kesempatan untuk mendapatkan pendanaan, serta 1-on-1 mentorship dengan mentor yang berpengalaman.

Rozana Ridwan, Commercial Marketing Manager Lenovo Indonesia mengatakan, “Lenovo Indonesia berkomitmen untuk mendukung transformasi digital pada industri UMKM di tanah air melalui kolaborasi dengan komunitas UMKM dan praktisi industri. Kami percaya peningkatan kecakapan digital pelaku UMKM sangat berdampak pada kemajuan industri secara keseluruhan. Sebagai perusahaan teknologi, Lenovo juga menyediakan perangkat yang cocok digunakan oleh pelaku UMKM, yaitu seri ThinkBook yang didesain untuk pebisnis dengan tampilan stylish, dilengkapi dengan fitur keamanan dan layanan purnajual dengan premiere support.”

Stellar Women Future Leaders Lab akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari 29 Juni s.d. 6 Agustus 2022. Adapun, program ini terdiri dari beberapa subprogram, seperti rangkaian webinar, mentorship, dan demo day.


Berikut topik webinar yang diadakan pada Stellar Women Future Leaders Lab sekaligus pembicara-pembicara ahli yang membawakannya:

  1. Female Founders Talk: Discovering the Unthinkable Business Innovation, pada 29 Juni 2022, dengan pembicara Dinda Hervi (Venture Partner at Moonshot Ventures), Iim Fahima Jachja (Founder of Queenrides), dan Samira Shihab (Founder of Stellar Women, Co-Founder & CEO of Tinkerlust).
  2. Knowing Your User, pada 6 Juli 2022, dengan pembicara Gian Adhitya (Associate, Sequoia India & SEA).
  3. Creating the MVP, pada 6 Juli 2022, dengan pembicara Tessa Wijaya (Co-Founder & COO of Xendit).
  4. Raising Money for Your Startup, pada 13 Juli 2022, dengan pembicara Sherlyn Adhianni Gautama (Co-Founder & Chief Business Development Officer Astro).
  5. Digital Marketing for Business Growth, pada 13 Juli 2022, dengan pembicara Michelle Hendra (CMO at MyVenus, Content Creator, Entrepreneur).
  6. Build The Unthinkable Impact, pada 6 Agustus 2022.

"Sebagai seorang womenpreneur yang kehidupan sehari-harinya dekat sekali dengan teknologi, saya merasa sangat bersyukur dan senang sekali event Stellar Women Future Leaders Lab ini terlaksana. Program ini didesain untuk membawa bisnismu menggunakan teknologi lebih jauh dan memberikan pengetahuan teknologi kepada para pengusaha perempuan. Jadi, saya yakin dan percaya ini adalah wadah yang tepat untuk para perempuan meng-upgrade bisnisnya,” ungkap Samira Shihab, Founder of Stellar Women, Co-Founder & CEO of Tinkerlust.


“Terlebih lagi, bentuk dukungan nyata yang Stellar Women dan Lenovo berikan melalui program ini sangat beragam. Mulai dengan adanya kelas dengan topik-topik yang menarik terkait teknologi, kemudian kita juga akan mengadakan kompetisi bisnis di mana peserta akan mendapatkan pendanaan bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Bahkan, yang spesial adalah program ini membantu para peserta mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti kompetisi bisnis, dengan menyediakan mentor-mentor berpengalaman agar mereka bisa berkonsultasi dan belajar langsung dari pakarnya secara 1-on-1. I'm honored yet excited this event is finally happening!" lanjut Samira.

Selain itu, bentuk dukungan yang Stellar Women berikan adalah melalui kompetisi bisnis. Kompetisi ini memberikan kesempatan kepada 10 founders startup perempuan terpilih untuk mendapatkan pembinaan dari para mentor berpengalaman. Setelah dipersiapkan dengan baik, founders startup ini akan mengikuti demo day pada 27 Juli 2022, di mana mereka akan melakukan pitching ide bisnisnya kepada para investor dengan tujuan mendapatkan pendanaan. Tiga founders startup terbaik akan mendapatkan total hadiah pendanaan bisnis hingga 20 juta rupiah pada awarding day yang akan dilaksanakan pada 6 Agustus 2022. Pendaftaran untuk mengikuti demo day masih dibuka hingga 9 Juli 2022!

Para founders, business leader, hingga tech talent yang tertarik untuk mengembangkan kemampuannya dalam berbisnis, khususnya dalam hal digitalisasi, bisa mencari tahu lebih lanjut tentang Stellar Women Future Leaders Lab dan mendaftarkan diri di https://www.stellarw.com/future-leaders-lab.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar