Pertahankan Pegawai Kamu Selama Pandemi dengan 3F!

Onstock Indonesia . October 08, 2021

Pandemi, bisa dikatakan, telah menciptakan beragam kesulitan bagi para pemilik bisnis. Bukan hanya dari sudut pandang finansial dan ekonomi, tetapi juga soal pegawai yang bekerja. Ada begitu banyak kabar di media massa maupun media sosial yang memberitakan bagaimana berbagai bisnis dari berbagai bidang merumahkan sebagian atau hampir seluruh pegawainya secara sementara maupun permanen meskipun sudah mengusahakan berbagai cara untuk mempertahankan mereka.


Tidaklah mudah untuk mempertahankan, apalagi merekrut pegawai di masa-masa sulit seperti ini. Namun, kamu punya solusi jitu buat kamu agar kamu sebagai pemilik bisnis bisa merekrut dan mempertahankan pegawai kamu, dan solusi itu bernama 3F!



1. Family

Memang tidak dapat dipungkiri, keluarga adalah harta yang paling berharga. Di masa pandemi seperti sekarang ini, setiap orang tentu memberikan perhatian yang lebih bagi para keluarganya agar tetap sehat dan terlindungi. Sebagai pemilik bisnis, kamu boleh coba melakukan riset terkait apa saja yang pegawai kamu butuhkan selama pandemi. Kamu bisa memberikan bantuan berupa benefit bantuan paket obat-obatan bagi keluarga mereka atau memberikan waktu kerja yang lebih singkat agar mereka bisa lebih banyak menaruh perhatian bagi keluarga mereka.


2. Flexibility

Apa yang kamu tawarkan kepada para pegawai kamu sebelum pandemi dan setelah pandemi tentu akan berbeda. Hal ini karena situasi yang juga berbeda, di mana pandemi membawa kejutan yang membuat kita harus berjuang lebih keras untuk bertahan. Kamu sebagai pemilik bisnis harus mampu lebih lentur dan fleksibel terkait apa yang kamu tawarkan, seperti benefits dan bonus lainnya. Di masa pandemi, kamu bisa menawarkan jam kerja fleksibel bagi para pegawai kamu, di mana para pegawai hanya bekerja bergantian setiap harinya. Kamu juga bisa coba tawarkan untuk reimbursement berbagai kebutuhan hidup mereka jika kondisi memungkinkan.


3. Fairness

Pada akhirnya, apa yang kamu berikan haruslah adil dan layak untuk para pegawai kamu. Jangan sampai, mereka bekerja melebihi jam kerja yang seharusnya, namun hanya kamu bayar di bawah standar yang seharusnya, atau kamu memotong benefits yang seharusnya mereka terima jadi lebih minim. Kunci agar pegawai tetap bertahan dalam bisnis kamu adalah bagaimana kamu memperlakukan mereka dan memberikan mereka berbagai keuntungan yang sifatnya adil bagi mereka. Bayarlah mereka sesuai dengan durasi dan beban kerja mereka, kalaupun bisa, tawarkan bonus dan beragam reward dan benefits lainnya.


Tidak mudah bagi bisnis untuk bertahan, terutama sembari mempertahankan pegawai agar tidak dirumahkan. Yang pasti, dengan 3F, kamu jadi lebih mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh para pegawai kamu selama pandemi. Kuncinya satu : Dengarkan mereka dan berikan yang mereka benar-benar butuhkan dan harapkan dengan prinsip yang adil dan fleksibel.


author0
teknologi id bookmark icon
author

Onstock Indonesia

Onstock Indonesia

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler