Pendiri SoftBank Mundur dari Alibaba, Kenapa?

Alda Yuriska . June 26, 2020

Foto: Business Insider

Teknologi.id - Kabar mengejutkan datang dari salah satu pendiri SoftBank Group, Masayoshi Son. Pasalnya  pada Kamis (25/06/2020) ia memberikan kabar mengenai pengunduran dirinya sebagai direksi Alibaba Group di depan para pemegang saham SoftBank di Tokyo, Jepang.

Meski keputusannya ini bertepatan dengan kepergian pendiri Alibaba Grup, Jack Ma dari dewan direksi SoftBank tapi Son tetap bersikeras bahwa keputusannya mundur dari direksi Alibaba ini berlangsung baik dan bukanlah karena keretakan hubungan dengan sahabat karibnya itu.

Baca Juga: Facebook Munculkan Peringatan Jika Ingin Membagikan Berita Lawas

"Bukannya kami bertengkar, (hubungan dengan Ma) ini sangat bersahabat." kata Son selama pertemuan pemegang saham virtual seperti yang dikutip dari Bloomberg (26/06/2020). 

Mengenai keputusannya ini, Son mengatakan bahwa ini merupakan bentuk kelulusan dari dewan direksi Alibaba Group yang telah dipegangnya sejak 2005. Sebelumnya, Son melalui SoftBank diketahui telah menginvestasikan 20 juta juta dolar di Alibaba pada 20 tahun lalu dan pada awal 2020, SoftBank masih memiliki saham senilai 150 miliar dolar AS di Alibaba.

Baca Juga: 4 Keyboard Komputer yang Oke untuk Bekerja Maupun Bermain

Diketahui, Son dan Ma telah menjalin persahabatan yang erat sejak pengusaha Jepang itu menjadi investor awal di Alibaba. Bahkan, SoftBank telah membantu meningkatkan nilai valuasi Alibaba yang saat ini mencapai sekitar 600 miliar dolar AS dan menjadi aset terbaik SoftBank.

SoftBank sendiri dikenal sering memberikan dana investasi yang besar seperti di Uber, WeWork, dan sejumlah startup lainnya. Bahkan menurut laporan TechCrunch, SoftBank dikabarkan telah pulih dari dampak pandemi virus corona setelah mendapatkan peningkatan nilai saham Alibaba Group, Sprint, dan mergernya dengan T-Mobile.

(ay)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler