Imbas Pandemi COVID-19, 15 Startup Unicorn Terancam Bangkrut

indahmutiayudt . May 20, 2020

startup bangkrut

Foto: Business Insider

Teknologi.id - Efek dari COVID-19 terus menerpa sejumlah perusahaan yang sebelumnya berdiri kokoh. SoftBank, raksasa teknologi dan investor Jepang ini mengaku setidaknya ada 15 startup unicorn yang didanainya bisa saja bangkrut karena pandemi ini.

Masayoshi Son, CEO SoftBank tidak membeberkan startup mana saja yang diperkirakan mengalami kerugian tersebut, namun ia tetap optimis masih ada startup lain yang akan berkibar.

SoftBank mengungkapkan kerugian yang tercatat ada sekitar 1,9 triliun Yen atau sekitar Rp 260 triliun. Hal ini karena investasi yang dikucurkan oleh SoftBank pada perusahaan startup tidak mendapatkan hasil yang setimpal. Misalnya saja pada WeWork dan Uber yang terkena imbas COVID-19 dengan cukup parah.

Baca juga: Bangkrut Imbas COVID-19, Airy Tutup Permanen Akhir Mei

Terkait dengan kerugian yang dialami perusahannya, Son akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang, namun ia masih melihat beberapa celah kesempatan seperti startup Oyo yang bisa dimanfaatkan jika semakin banyak hotel yang bergabung menjadi mitra aplikasi tersebut.

SoftBank sendiri menjadi investor yang cukup besar untuk setidaknya 88 perusahaan startup dengan total dana yang diinvestasikan sebesar USD 75 miliar.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar