Facebook Beri Bantuan UKM Indonesia, Ini Persyaratannya

Annisa Fadillah . October 08, 2020

Foto : facebook

Teknologi.id - Salah satu perusahaan teknologi raksasa dunia, Facebook, baru-baru ini membuka bantuan bagi segenap UKM yang terdampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Total dana bantuan yang diberikan oleh Facebook ini kabarnya mencapai Rp 12,5 miliar.

Dilansir dari situs resmi Facebook, setiap UKM akan memperoleh dana senilai Rp 31.017.300 yang terdiri dari Rp 19.385.800 dalam bentuk uang tunai dan Rp 11.631.500 dalam bentuk kredit iklan opsional. Perihal beredarnya berita ini pun telah dikonfirmasi oleh Presiden Facebook Indonesia, Pieter Lydian.

“UKM saat ini mengalami masa-masa yang sangat sulit, banyak dari mereka yang berusaha beradaptasi dan memanfaatkan platform online. Kami mendengarkan tantangan yang dihadapi para pemilik UKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat, termasuk dukungan finansial, untuk membantu mereka bangkit kembali, menata ulang strategi dan memulihkan kinerja usahanya,” ujar Pieter Lydian selaku Country Director Facebook untuk Indonesia.

Baca Juga : Bantu Digitalisasi UMKM, Youtap Indonesia Rilis Aplikasi Dagang Youtap

Pendaftaran program dana bantuan untuk UKM Facebook ini dibuka dari tanggal 6 Oktober hingga 12 Oktober 2020. Facebook akan memberikan bantuan kepada maksimum 30.000 bisnis kecil yang memenuhi syarat di lebih dari 30 negara, salah satunya adalah Indonesia. Adapun syarat yang harus dipenuhi para pelaku usaha untuk mendaftarkan usahanya di program ini yang dapat dilihat di laman https://www.facebook.com/business/small-business/grants.

Dengan terselenggaranya program bantuan ini; Facebook berharap untuk para pelaku usaha agar dapat memastikan karyawan UKM tetap bekerja dengan baik (tidak terkena PHK), memperoleh keringanan biaya sewa dan operasional, terhubung dengan lebih banyak pelanggan, dan dukungan bagi komunitas. Pihaknya juga menambahkan jika usaha kecil tidak perlu memiliki akun Facebook untuk mengajukan permohonan dana bantuan ini.

Facebook bermitra dengan dua perusahaan konsultan yakni Deloitte Consulting dan Goodera untuk meninjau pendaftar yang masuk, menyeleksi UKM, dan mendistribusikan dana bantuan kepada UKM yang lolos seleksi. Untuk memudahkan, berikut adalah rangkuman persyaratan seleksi dana bantuan UKM dari Facebook :

Persyaratan Umum

  • Memiliki 2 sampai 50 karyawan
  • Telah beroperasi selama lebih dari satu tahun
  • Terdampak COVID-19
  • Berlokasi di sekitar wilayah operasional Facebook (Negara Indonesia sudah termasuk)

Persyaratan Khusus

  • Merupakan perusahaan bisnis
  • Memiliki antara 2 hingga 50 karyawan per 1 Januari 2020
  • Telah menjalankan usaha lebih dari 1 tahun
  • Telah mengalami tantangan dari COVID-19
  • Berlokasi hanya di Jakarta

Dokumen yang Diperlukan

  • Akta Pendirian entitas bisnis Anda
  • Akta Perubahan Terakhir (Lampirkan hanya jika ada perubahan pada struktur jajaran direktur terkait status Anda sebagai pendaftar) dari entitas bisnis Anda
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) dari entitas bisnis Anda

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pendaftaran di laman Facebook for Business yang kemudian akan diarahkan ke situs Goodera untuk tata cara pendaftaran yang lebih lengkap.

Baca Juga : Gojek Hadirkan #MelajuBersamaGojek untuk Bantu UMKM Go Digital

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler