Apple Beli Konten Podcast Scout FM, Kompetisi Semakin Ketat

Annisa Fadillah . September 25, 2020

Foto : MacRumors

Teknologi.id - Seorang juru bicara Apple akhirnya mengkonfirmasi, bahwa Scout FM telah diakuisisi untuk konten podcast. Apple tahun ini membeli Scout FM, sebuah startup yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengkurasi dan mengirimkan podcast kepada penggunanya. Mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, Bloomberg melaporkan Apple membeli Scout FM awal tahun ini, meskipun tanggal pasti dan nilai transaksinya tidak diungkapkan.

Scout FM sendiri merupakan aplikasi populer di iOS dan Android, yang menyediakan konten podcast dalam format yang lebih mudah dicerna. Sementara Apple Podcasts membutuhkan pendengar untuk memilih acaranya sendiri, sehingga distribusi podcast ke pendengar terkadang tidak berjalan lancar. Scout FM menawarkan saluran bertema dengan konten yang dikurasi khusus dalam sistem yang menyerupai pemrograman radio terestrial.

Seperti aplikasi konten yang dikurasi lainnya, Scout FM mengandalkan kebiasaan mendengarkan dari para penggunanya, preferensi yang dinyatakan, dan metrik lainnya untuk membuat daftar putar podcast secara otomatis bisa disesuaikan. Menurut laporan TechCrunch yang diterbitkan pada tahun 2018, layanan tersebut dapat membuat stasiun podcast yang dikurasi berdasarkan beberapa pertanyaan yang diminta untuk menentukan preferensi pengguna. 

Baca Juga : Spotify Akan Buat Film dari Podcast Eksklusifnya

Dikutip dari Tek.id, Scout FM kabarnya cukup populer di antara pengguna perangkat Apple dan dapat diintegrasikan ke CarPlay. Interfacenya didesain agar mendukung tampilan layar di mobil ketika terhubung ke iPhone dan sudah memiliki dukungan Siri. Tidak hanya itu, Scout FM juga sudah dioptimasi untuk perangkat yang menjalankan asisten suara Alexa.

Berita pembelian Scout FM oleh Apple ini tiba ketika pesaing pasar konten digital meningkatkan penawaran podcast mereka sendiri. Pemimpin streaming musik Spotify, misalnya, dengan cepat membangun perpustakaan podcastnya dan telah mencetak kontrak eksklusif dengan beberapa penyiar populer, salah satunya Joe Rogan.

Apple adalah kekuatan utama dalam pembangunan dunia podcast semenjak lebih dari satu dekade. Setelah meninggalkan platform untuk tumbuh secara organik, raksasa teknologi tersebut baru-baru ini menunjukkan minat baru pada media dan secara konsisten memperbarui aplikasi Podcast dengan fitur-fitur yang lebih segar. Hal ini tentunya akan semakin menambah ketat persaingan dunia podcast di platform streaming.

Baca Juga : Spotify Uji Fitur Polling Interaktif untuk Podcast

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler