Uni Eropa Akan Wajibkan Seluruh Gadget Pakai Charger USB-C

Adhima Ratnaningtyas . June 07, 2022

Foto: BBC

Teknologi.id - Pengguna iPhone wilayah European Union atau Uni Eropa harus bersiap untuk segera membeli charger baru karena EU akan mewajibkan seluruh gadget untuk menggunakan charger USB-C mulai musim gugur 2024.

Pembaruan ini akan berlaku untuk smartphone, tablet, kamera digital, headphone, video game konsol, dan e-reader. Meskipun dikatakan pembaruan ini wajib untuk seluruh gadget, laptop akan mendapatkan 40 bulan ekstra untuk beradaptasi dengan peraturan baru ini karena mereka butuh lebih banyak usaha mengingat bagaimana mereka memiliki banyak versi charger.

Peraturan ini sebenarnya telah dibicarakan selama lebih dari satu dekade, tetapi persetujuan untuk pengesahannya baru dibagikan pada Selasa (7/7/2022) hari ini setelah negosiasi beberapa badan EU. Peraturan baru ini juga akan mencakup desain standard untuk wireless charging di masa depan serta standard untuk seluruh charger menerapkan fast-charging.

Baca juga: iPhone 6s, 7, dan SE Generasi Pertama Tak Dapat Dukungan iOS 16

Dalam pernyataannya untuk media, rapporteur untuk Parlemen Eropa, Alex Agius Saliba, mengungkapkan bahwa alasan dibuatnya peraturan baru ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan charger. Biasanya, mereka harus memiliki charger berbeda-beda untuk setiap gadget. Namun, dengan kebijakan ini, masyarakat Uni Eropa akan dapat menggunakan 1 charger untuk semua gadget yang mereka miliki. Selain itu, mereka pun dapat memilih untuk membeli gadget baru bersama atau tanpa charger.

Foto: Malta Today

Pihak EU juga berharap dengan adanya peraturan ini, masyarakat akan lebih memaksimalkan penggunaan charger dengan menerapkan sistem re-use yang akan membantu mereka untuk mengurangi pengeluaran untuk membeli charger baru ketika yang mereka miliki hilang atau rusak. Mereka juga mengharapkan bahwa langkah ini akan berdampak dalam pengurangan sampah elektronik dimana penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sampah elektronik pada tahun 2021 sendiri telah mencapai 57 juta ton.

Pihak EU juga mengungkapkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan industri elektronik untuk mengurangi desain charger handphone yang awalnya memiliki 30 desain menjadi hanya 3 desain saja selama 1 dekade terakhir. 

Untuk peraturan ini, perusahaan yang akan sangat terdampak adalah Apple, dimana mereka menggunakan charger tipe lightning. Pihak Apple sendiri telah merespon kepada proposal awal peraturan ini yang diajukan oleh EU pada Semptember lalu dengan mengatakan bahwa langkah ini mungkin membatasi inovasi. Namun, untuk pengesahan peraturan ini, pihak Apple belum memberikan komentar terbaru mereka.

(AR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar