Masih Ada Kementrian dan BUMN Beli Pipa Impor, Jokowi Geram!

Adhima Ratnaningtyas . June 10, 2022

Foto: Suara.com

Teknologi.id - Pada hari ini, Jumat (10/6/2022), Presiden Indonesia, Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi mendatangi perayaan 50 tahun HIPMI di JCC, Jakarta.

Dalam kehadirannya tersebut, Jokowi membicarakan banyak hal terkait ekonomi dalam negeri, termasuk bagaimana pihak kementrian, lembaga kementrian, BUMN, serta pemerintah daerah wajib untuk membeli produk dalam negeri. Jokowi mengatakan ika aktivitas pembelian produk dalam negeri tersebut dipantau ketat dan datanya pun telah dimasukkan ke dalam platform digital pemerintah.

Baca juga: Kaget Naik Mobil Listrik Genesis, Jokowi: Gak Ada Suaranya!

"Kita pantau betul karena anggaran kita ini gede banget, besar sekali. APBN, APBD, dan kemudian anggaran di BUMN besar sekali dan terakhir sekarang kita catat semua dengan platform digital," jelas Jokowi mengenai pemanfaatan anggaran untuk membeli produk dalam negeri.

Jokowi juga mengatakan bahwa sudah ada kesepakatan antara pemerintah pusat dengan lembaga/kementrian dan BUMN untuk menyalurkan dana sebesar Rp 825 triliun yang harus difokuskan untuk membeli produk dalam negeri. Menurutnya, pihak pemerintah serta lembaga/kementrian BUMN harus melakukan komitmen tersebut agar ekonomi dalam negeri dapat terus bergerak serta berkembang.

Jokowi juga menyinggung tentang bagaimana lembaga/kementrian dan BUMN masih saja membeli produk impor, yang secara spesifik disebutkan adalah pipa, padahal mereka sudah memiliki komitmen tersebut.

"Tidak bisa seperti yang lalu lalu kita biarkan akhirnya pipa beli impor padahal kita bisa produksi sendiri. Dengan alasan macem-macem sekarang gak bisa. Dimonitor komitmennya," ucap Jokowi memperingatkan kementrian/lembaga dan BUMN agar tidak lagi membeli pipa secara impor.

Jokowi berharap dengan singgungannya tersebut dapat menumbuhkan kesadaran lebih kepada para pejabat kementrian/lembaga dan BUMN untuk membangun dan mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

(AR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar