Tak Penuhi Regulasi Konten Terlarang, Google Didenda Rusia

Nimas Disri . August 12, 2020

Foto: CNN

Teknologi.id - Pengadilan Rusia telah menetapkan denda kepada Google sebesar US$20.350 (Rp300 juta) dikarenakan Google gagal memblokir konten yang dilarang di Rusia. 

Baca Juga: Lebih dari 20GB Data Rahasia Intel Bocor di Internet

"Pengadilan Distrik Tagansky Moskow mengeluarkan keputusan untuk menjatuhkan denda sebesar US$20.350 pada Google untuk pelanggaran berulang terkait dengan penyaringan konten terlarang yang tidak memadai di mesin pencari," ujar kantor pengadilan yang dilansir dari kantor berita swasta di Rusia, Interfax (10/8). 

Kepala pengawas telekomunikasi dan media Rusia, Alexander Zharov mengatakan bahwa penyaringan konten terlarang di Rusia oleh mesin pencari Google telah turun hingga 70 persen. Hal ini membuat Google harus membayar sejumlah denda kepada Rusia. 

Sebelumnya, Google juga telah sempat dituduh gagal mematuhi peraturan regulator Rusia dan didenda sebesar 700 rubel atau sekitar Rp150 juta. Kasus yang terjadi pada November 2018 ini dikarenakan Google tidak menghapus tautan ke situs-situs yang jelas-jelas dilarang oleh pemerintah Rusia. 

Baca Juga: WFH Sampai 2021, Karyawan Facebook Dapat Tunjangan Rp14,7 Juta!

Bagi pemerintah Rusia, seluruh operator mesin pencari wajib menghapus tautan ke situs-situs yang dilarang. Mereka juga harus terhubung dengan sistem informasi negara bagian karena di sanalah terdapat daftar informasi situs yang dilarang. 

(nd) 

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya