SWI Minta Kemenkominfo Tutup Website Jouska

Indah Mutia Ayudita . July 27, 2020

Ilustrasi. Foto: Kumparan

Teknologi.id - Satgas Waspada Investasi (SWI) menghentikan kegiatan operasional Jouska Finansial Indonesia yang disetujui oleh perusahaan tersebut.

Ketua tim SWI, Tongam L. Tobing meminta Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) untuk memblokir situs dan aplikasi Jouska. Dilansir dari Kompas.com, Tongam menyebutkan akan segera mengkoordinasikan penutupan situs Jouska dengan Kemkominfo.

"Kami juga minta Jouska untuk bertanggung jawab agar bisa menyelesaikan masalah dengan nasabahnya agar bisa diselesaikan dengan baik," tambah Tongam.

Baca juga: Ilegal dan Diduga Rugikan Klien, Jouska Disetop Satgas Investasi

Melalui Antaranews pada hari Sabtu (25/7/2020), Kemkominfo mengaku pemblokiran baru bisa dilakukan setelah ada rekomendasi dari SWI.

"Penutupan situs bisa dilakukan dengan rekomendasi dari SWI yang akan menjadi acuan dan pertimbangan Kominfo. Saat ini, website Jouska sudah ditutup sementara oleh pemiliknya," jelas Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

Ketika dikunjungi, terlihat pesan bertuliskan "Big changes coming soon!" dan informasi dari bot yang menyebutkan website ini masih dalam tahap konstruksi alias perbaikan.

Website Jouska sedang dalam konstruksi. Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

Melalui akun Instagramnya, Jouska juga menyebutkan akan menghentikan kegiatannya sementara waktu. "Sorry and will see you later," tulisnya pada caption postingan terakhirnya.

Baca juga: Jualan Online Makin Mudah dengan Fitur Baru WhatsApp Business

Tongam dan SWI akan terus melakukan investigasi terhadap kasus ini. "Rekomendasi SWI atas kasus ini, kami akan tetap menginvestigasi dan apabila ditemukan tindak pidana, kami akan mendorong proses hukum untuk membuat efek jera kepada pelaku. Kasus ini juga bisa dijadikan pembelajaran bagi para pelaku pasar yang mirip-mirip dengan Jouska," katanya.

Izin yang dikantongi Jouska adalah jasa pendidikan. Karenanya, perusahaan tersebut tidak seharusnya melakukan kegiatan di luar itu.

Dari beberapa pengaduan, Jouska melakukan pengelolaan dana nasabah melalui perusahaan yang bekerja sama dengan Jouska.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya