Seberapa Penting Pengaruh Sosial Media dalam Sebuah Bisnis?

Muhammad Iqbal Mawardi . January 26, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Sosial media di era sekarang ini sangat digemari oleh semua orang. Anak-anak, remaja, hingga kakek-nenek juga menggunakan sosial media. Banyak lembaga institusi yang juga menggunakan sosial media seperti sekolah, kepolisian, hingga bisnis juga menggunakan sosial media. 

Hampir semua orang yang kita kenal menggunakan sosial media dalam berbagai bentuk. Ini adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang dan memamerkan kepribadian kita untuk individu, dan bisnis menyukainya karena ini adalah alat pemasaran yang berharga. 

Namun, berapa banyak alat pemasaran lain yang memungkinkan kita tampil di depan publik tanpa harus membayar biaya yang besar?

Jika kita memiliki platform sosial media yang sering kita gunakan, dan tidak menerapkan sosial media ke bisnis, kita akan kehilangan peluang besar yang telah kita alami secara pribadi. 

Mereka yang tidak menggunakan sosial media mungkin khawatir bahwa ada kurva belajar yang curam, tetapi sebagian besar platform sosial media relatif mudah digunakan. Jika kakek-nenek yang jauh dari paham teknologi dapat terhubung dengan keluarga dan teman menggunakan Facebook, kita mungkin akan dapat mempelajari dasar-dasarnya dengan relatif cepat.

Kita mungkin perlu bantuan untuk memulai dan menjalankan platform sosial media yang kita minati, dan ada banyak sumber yang tersedia untuk membantu kita melakukan tugas itu. 

Sebagian besar platform akan mengajari kita dasar-dasarnya saat kita menjalani proses pendaftaran atau harus memulai panduan cepat untuk kita baca setelah masuk untuk pertama kali. 

Baca juga: WhatsApp Business Punya Fitur Baru yang Penting, Apa itu?

Luangkan waktu kita dan mulai pelajari bagaimana sosial media bekerja. Lihat apa yang dilakukan pesaing kita secara online. Apakah mereka mendapatkan banyak keterlibatan konsumen dengan akun sosial media mereka? 

Kita dapat mengetahui ini jika mereka memiliki banyak pengikut atau teman, mendapatkan banyak suka dan berbagi di postingan mereka, dan bahkan jika mereka mendapat komentar di pos mereka. 

Kita dapat melihat apa yang mereka lakukan dengan benar dan salah untuk membantu kita menentukan cara menangani pemasaran sosial media kita sendiri.

Kemudian, tiba saatnya untuk memasarkan bisnis kita menggunakan pilihan kita di sosial media. Pendidikan berkelanjutan adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup, terutama ketika kita ingin menjadi pemimpin dalam bisnis kita. 

Pemasaran itu sendiri tidak berubah karena kita perlu menampilkan merek kita di depan publik dengan baik, tetapi cara kita memasarkan merek dapat berubah. 

Kita mungkin percaya bahwa kehadiran sosial media sudah cukup, tetapi seiring waktu, perubahan cara konsumen berinteraksi dengan sosial media berarti kita perlu beradaptasi dengan mereka. 

Misalnya, kita mungkin menemukan bahwa audiens kita lebih suka Instagram daripada Facebook atau Twitter daripada Facebook. Pew Research telah melakukan penelitian yang dapat membantu untuk meluangkan waktu kita ke platform sosial media tertentu daripada yang lain berdasarkan target pasar kita.

Kita mungkin berpikir pada diri sendiri bahwa kita benar-benar tidak punya waktu untuk menyelidiki media sosial dan mencari tahu apa strategi kita seharusnya untuk bisnis, dan itu bisa dimengerti. 

Waktu adalah komoditas yang berharga bagi setiap pemilik bisnis, dan kita harus menemukan cara untuk menggunakan waktu kita dengan bijak. 

 (MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar