Resmi, Toshiba Hengkang dari Bisnis Laptop Setelah 35 Tahun

Teknologi.id . August 10, 2020

toshiba laptop

Foto: The Verge


Teknologi.id - Perusahaan elektronik asal Jepang, Toshiba dilaporkan hengkang dari bisnis laptop setelah 35 tahun berkecimpung dan memutuskan mentransfer sisa saham minoritasnya dalam bisnis laptop ke Sharp.

Pada tahun 2018, Toshiba diketahui menjual 80,1 persen saham bisnis laptop-nya kepada Sharp seharga US$ 36 juta, dan Sharp mengganti nama divisi tersebut menjadi Dynabook.

Baca juga: Update Windows 10 Malah Jadi Lemot? Ini Cara Mengatasinya

Dalam siaran pers, Toshiba mengumumkan bahwa Sharp telah menggunakan haknya untuk membeli sisa saham Dynabook yang dipegang oleh Toshiba pada akhir Juni. Proses pengalihan saham juga telah usai dan dengan resmi Toshiba mengakhiri bisnis laptop.

"Sebagai hasil dari pengalihan ini, Dynabook telah menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Sharp," kata Toshiba dalam siaran pers, seperti dikutip dari laman The Verge, Senin (10/8/2020).

Toshiba pelopor laptop

Toshiba T1100 yang diluncurkan pada 1985 dianggap sebagai komputer laptop pertama. Laptop tersebut memberikan desain dasar bagi rancangan laptop-laptop selanjutnya sebelum hadirnya PowerBook Apple di tahun 1991.

T1100 memiliki baterai internal yang dapat diisi ulang, floppy drive 3,5 inci, dan memori 256K. Pada saat itu, laptop ini dijual seharga US$1.999 atau sekitar Rp29,3 juta.

Baca juga: Penyebab Munculnya Tanda Seru di Ikon WiFi dan Cara Mengatasinya

Selama tahun 1990-an dan awal 2000-an Toshiba memimpin pasar laptop. Namun beberapa tahun ke belakang ini bisnis laptop Toshiba melemah lantaran tak mampu bersaing dengan vendor-vendor seperti Lenovo, Apple, HP, dan Dell.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya