Produk Baru FMC Hasil Merger Indihome-Telkomsel akan Rilis Tahun 2023

Lusita Amelia . October 26, 2022

foto: ANTARA/HO-Telkom

Teknologi.id - Telkomsel dan IndiHome direncanakan untuk merger atau penggabungan dua perusahaan bersama. Nantinya dari merger ini akan memproduksi produk baru yang menggabungkan layanan seluler dan fixed broadband. Produk yang akan diluncurkan adalah Fixed Mobile Convergence (FMC). Teknologi FMC menjanjikan sebuah layanan komunikasi yang selalu ada dan aktif bagi pelanggan yang melakukan aktivitas.

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kemudahan para pelanggan untuk mengakses layanan data dan konten layanan hiburan di mana pun berada. Baik pada saat melakukan aktivitas mobile atau ketika sedang berada di rumah. Manfaat bagi pelanggan dengan hadirnya layanan FMC adalah, kemudahan dan juga tersedianya layanan yang ‘value for money”. Hal ini lantaran dalam satu paket pembelian, pelanggan akan mendapatkan layanan yang maksimal dan terintegrasi dengan baik. 

Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia, E. Kurniawan, mengatakan bahwa produk FMC ini sebenarnya sudah ada sebelumnya. Namun, kali ini pihak perusahaan akan menggabungkan Telkomsel, Indihome, dan Halo menjadi satu device. Tentunya penggabungan ini diharapkan dapat meningkatkan performa layanan dan juga kecepatan internet. 

Dirinya juga mengatakan bahwa ketika pelanggan membeli FMC ini, mereka akan mendapatkan satu paket secara lengkap layanan yang ada di dalamnya. Pembayarannya pun menjadi satu saat pelanggan akan membayar. Tujuan penggabungan layanan ini adalah untuk menjadi cadangan atau back up ketika salah satu layanan mengalami permasalahan. Misalnya layanan Indihome sedang mengalami gangguan, maka ada Telkomsel yang akan menjadi layanan cadangan agar internet tetap berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Segera Update, Google Chrome Hentikan Dukungan di Windows 7 Mulai Februari 2023

Kurniawan menambahkan "Produk FMC (Fixed-Mobile Convergence), broadband dengan 5 gadget harga Rp 300 ribu. Kuota gadget misalnya 100 GB misalnya. Bisa saling tukeran,"

"Jadi saling backup antara seluler dan fix broadband. Orbit, seluler mobile, dan fixed broadband itu akan jadi satu kesatuan layanan. Tentunya akan ada nama baru untuk produk FMC itu," ujar Kurniawan yang dilansir dari Suara. Untuk pelanggan lama, mereka bisa menikmati layanan FMC itu melalui add on atau paket tambahan di luar paket yang sudah diambil sebelumnya. Jadi, pelanggan tidak perlu lagi membeli paket baru untuk merasakan layanan ini. Tujuannya adalah untuk peningkatan layanan broadband untuk pelanggan Telkomsel ataupun Indihome. 

Di beberapa negara lain, sudah banyak yang menerapkan bisnis FMC ini dengan bekerja sama bersama perusahaan lain. Misalnya seperti di Cina, Singapura, dan Australia. Kurniawan menjelaskan kemungkinan produk FMC dari Indihome dan Telkomsel akan meluncur awal tahun depan. Sementara itu, dia mengatakan fokus kerja sama keduanya bisa diselesaikan secepatnya. Namun, Kurniawan mengatakan pihaknya telah memiliki paket FMC bernama Smooa. Paket itu juga menghadirkan produk Indihome dan Telkomsel dalam satu harga. Tetap harapannya adalah pada tahun depan produk FMC ini dapat diluncurkan.

Provider lain yang sudah meluncurkan produk FMC adalah XL dengan layanan XL Satu. Dilansir dari Republika, layanan ini memungkinkan pelanggan cukup dengan berlangganan satu layanan saja untuk langsung mendapatkan internet rumah dengan teknologi fiber yang cepat dan stabil, sekaligus kuota seluler besar yang bisa digunakan sekeluarga. Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan bahwa menghadirkan layanan FMC bukan merupakan pekerjaan mudah bagi para operator. XL Axiata, misalnya, masih memiliki tantangan dalam menghadirkan FMC karena posisi geografis Indonesia yang terdiri dari belasan ribu pulau.

Dengan demikian, rencana dan inovasi Indihome dengan Telkomsel ini dilihat sebagai harapan baru dan nantinya dapat menjawab permasalahan umum yang ada di tengah-tengah masyarakat. Dapat menjangkau konektivitas yang lebih luas dan maksimal merupakan tujuan utama dari pembuatan produk FMC ini. Pengguna pun dapat merasakan layanan yang maksimal hanya dengan membayar paket dari satu produk. Pengguna tidak harus lagi hanya mengandalkan satu sumber layanan yang apabila mengalami gangguan akan rasakan kesulitannya. 

Baca juga: Sekarang Video YouTube Bisa Di-Zoom Hingga Detail dengan fitur Pinch-to-Zoom

(LA) 



author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar