KBR: Burhan Solihin ‘Digitalisasi, Tempo dan Pandemi’

Alisya Mandawa . September 10, 2021

Source: Youtube Channel OHHfnb by Rifki RM


Teknologi.id - Rabu (8/9/2021) Kelompok Belajar Ricky merupakan Grup Diskusi Profesional yang diadakan oleh Future Trends of StartUps di Youtube Channel OHHfnb by Rifki RM.


Kali ini, KBR mengundang salah satu experts di bidang startup dan media, Burhan Solihin yang merupakan Direktur Eksekutif TEMPO.CO. Acara ini di pandu oleh Moderator KBR, Lupita Ardhyaningrum dan Anggasa Wijaya.


Burhan menjelaskan pandangannya sebagai seorang Jurnalis (Reporter) terhadap Perkembangan Startup Unicorn di Indonesia yang sudah mulai banyak menjamur dan mulai banyak melakukan kolaborasi tertentu.



Ada hal besar yang perlu di perhatikan mengenai perkembangan Unicorn ini, Perusahaan IPO seperti Bukalapak yang mempunyai induk sebagai PT Elang Mahkota Teknologi Tbk.(EMTK) sudah mulai menyimpan saham di Fintech seperti Dana dan OVO, lalu Vidio (Konten Digital), Halodoc (Kesehatan) dan Grab (Transportasi).”ungkap Burhan.


Tidak lama lagi banyak Unicornbesar akan saling mendominasi untuk goals mereka masing - masing, namun beberapa diantaranya masih terdapat Segregasi(Kesenjangan tertentu). Semisalkan, perusahaan tertentu belum berkolaborasi dengan Bank Digital, tetapi sudah collabs dengan Fintech tertentu .


Menurutnya, beberapa waktu kedepan., Indonesia akan memiliki peta lini perkembangan Unicorn yang seru jika melakukan banyak akuisisi dengan startup di bawahnya. Layaknya mendapatkan ‘Support System’, akuisisi ini menciptakan Ekosistem Besar beragam masing - masing bagi perusahaan.


Selain perkembangan Start-up, Burhan menjelaskan bagaimana Bisnis media akan bisa tumbuh disaat seperti ini. seperti Tempo sebagai portal berita sejak 1995, hadir dengan strateginya untuk menyesuaikan platform di Era Digital. 


Saat ini mulai beradaptasi dengan cara baru dengan melihat Karakteristik pembaca media saat ini, Tempo menerapkan beritanya untuk Enak dibaca dan bisa dipercaya. selain itu berita eksklusif dari Tempo bisa di akses mudah seperti berlangganan layanan Streaming online.

“Siapapun boleh menjadi Publisher (Pembuat berita) dan bisa membuat cerita yang menarik. Walaupun sisi esensinya belum bisa di bilang baik, tetapi ketika konten tersebut memiliki viewers yang banyak. Hal ini membuat Traffic pada platform Tempo juga ikut meningkat” ujar Burhan.

Burhan mengakhiri, bahwa media portal berita bisa bertahan dengan baik di saat pandemi seperti ini. Asalkan dari tiap media berita memiliki strategi yang kuat dan bisa mengkemas informasi dengan tepat.

Untuk keseruan Kelompok Belajar Ricky dengan Burhan Solihin, anda bisa melihat cuplikan lengkapnya pada channel Youtube Channel - OHHfnb by Rifki RM


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler