Jualan Online Makin Mudah dengan Fitur Baru WhatsApp Business

Nimas Disri . July 10, 2020

Foto: TechCrunch

Teknologi.id - Kabar gembira untuk kamu yang menggunakan WhatsApp Business sebagai salah satu platform berjualan online. Aplikasi ini meluncurkan tiga fitur terbaru untuk memudahkan kamu berinteraksi dengan para pelanggan, lho. 

Apa saja fitur terbaru WhatsApp Business tersebut? Simak daftar di bawah ini, ya. 

1. Kode QR

Foto: WeRSM

Fitur terbaru ini memudahkan pembeli untuk memulai chat dengan penjual. Sebelumnya, ketika pembeli ingin menghubungi penjual yang menurut mereka dagangannya menarik, mereka harus menyimpan nomor WhatsApp penjual atau mengeklik link yang diberikan oleh penjual di akun media sosial. Sekarang, tambahan fitur ini memudahkan pembeli untuk menghubungi penjual hanya dengan memindai kode QR yang tertera di setruk belanja, etalase toko, kemasan produk, atau platform media sosial. 

Selanjutnya, kode QR yang telah dipindai akan mengarahkan pembeli ke halaman chat kosong atau yang telah berisi pesan otomatis dari penjual. Pesan otomatis ini juga memungkinkan penjual untuk mengatur pengiriman katalog kepada pelanggan. 

Baca Juga: 4 Cara Membaca Chat WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim

2. Berbagi Katalog

Foto: Selular.ID

Untuk penjual, kamu bisa mempromosikan atau membagikan detail produk/layanan yang dijual dengan fitur berbagi katalog. Fitur ini telah diluncurkan sejak tahun lalu dan dilaporkan lebih dari 40 juta pelanggan melihat katalog bisnis di WhatsApp setiap bulannya. 

Perkembangan terhadap fitur ini memungkinkan penjual untuk membuat tautan seluruh katalog produk atau per produk dan dapat dibagikan melalui lintas platform, baik Instagram, Facebook, hingga website. Jika ingin mengirimkan katalog dengan kerabat atau teman di WhatsApp, kamu hanya perlu menyalin tautan tersebut dan membagikannya. 

Baca Juga: Trik Mudah Unduh Foto atau Video di Status WhatsApp

3. Stiker Bisnis

Foto: WhatsApp

Selain fitur yang aplikatif, WhatsApp Business juga meluncurkan fitur menarik yaitu stiker bisnis. Stiker 'Bisnis Kami Buka' ini dapat membantu penjual berinteraksi dengan pembeli secara cepat dan menyenangkan. Stiker animasi ini tersedia bagi lebih dari dua miliar pengguna WhatsApp dan 50 juta pengguna WhatsApp Business di seluruh dunia.

Uniknya, disamping stiker rancangan desainer internal WhatsApp, stiker-stiker ini juga ada yang merupakan hasil karya dua seniman asal Jogja, TEMPA, yang dikhususkan untuk pengguna Indonesia. 

Dengan ketiga fitur ini, bisnis kamu akan lebih menyenangkan untuk dijalani. Interaksi dengan pembeli juga semakin responsif dan pastinya akan mendatangkan cuan lebih. Cobain sekarang, yuk!

(nd) 

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya