Facebook Akuisisi Startup Brain Computing "CTRL-labs" Senilai $ 1 miliar

Fahad Mulyana . September 24, 2019
akuisisi
CTRL-labs. Foto: CNBC.com
Teknologi.id - Facebook mengakuisisi CTRL-labs, sebuah startup yang mengembangkan teknologi "brain computing" atau komputasi otak. Perusahaan rintisan yang berbasis di New York ini mengeksplorasi cara-cara seseorang berkomunikasi dengan komputasi menggunakan sinyal otak. VP Facebook AR/VR, Andrew Bosworth, mengumumkan akusisi itu dalam sebuah postingan di akun Facebook miliknya Dalam postingan tersebut Bosworth menjelaskan bahwa perusahaan akan menggunakan teknologi CTRL-labs untuk mengembangkan gelang pintar yang dapat terhubung ke perangkat lain secara intuitif.

Baca juga: Tim Telkom University Rilis Aplikasi SAFE-T, Bantu Polisi Atasi Masalah Lalu Lintas

Gelang CTRL-labs akan berperan dalam mengembangkan cara-cara baru berinteraksi dengan mesin tanpa memerlukan pengaturan mouse-dan-keyboard tradisional, layar sentuh, atau segala bentuk pengontrol fisik apa pun.  Bosworth berharap Facebook dapat membangun teknologi pada skala besar dan bisa lebih cepat menghadirkannya ke konsumen. "Tujuannya untuk gelang yang dapat digunakan untuk mengontrol perangkat melalui gerakan alami. Kami berharap membangun teknologi seperti ini dalam skala besar dan masuk ke produk untuk konsumen lebih cepat," kata Bosworth.

Tentang CTRL-labs

CTRL-labs adalah sebuah perusahaan rintisan yang mengembangkan teknologi berkaitan dengan brain signal dan machine learning untuk menciptakan sebuah interface yang membuat seseorang dapat mengendalikan komputer melalui pikiran. Perangkat gelang pintar yang sedangkan dikembangkan itu akan menggunakan sensor yang akan melacak gerakan dan menjadikannya input bagi perangkat lain. CTRL-labs membuat produk, yang masih tahap pengembangan, berupa gelang yang menggunakan sensor untuk melacak gerak tubuh manusia. Berdasarkan laporan CNBC.com, akuisi tersebut menghabiskan sekitar $ 1 miliar. Informasi itu diperoleh dari salah seorang narasumber yang mengetahui detail masalah ini. CTRL-labs akan menjadi bagian dari Facebook Reality Labs, sebuah divisi di dalam Facebook yang memfokuskan proyek virtual dan augmented reality. (FM)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar