Cara Lain Seorang Youtuber Mendapatkan Uang dari YouTube

Cara Lain Mendapatkan Uang dari YouTubeTeknologi.id – YouTuber bisa menghasilkan banyak uang miliaran melalui traffic video yang diputar dengan bermodalkan kamera dan kemampuan berbicara. Lalu muncul pertanyaan, bagaimana cara mereka mendapatkan uang dari YouTube?

AdSense atau iklan yang tayang sebelum video diputar mungkin yang pertama melintas di benakmu. Namun adakah sumber pendapatan lainnya? Mari kita bahas lebih lanjut.

6 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube (Selain AdSense)

1. Merchandise

Cara Lain Mendapatkan Uang dari YouTube

Beberapa YouTuber saat ini mulai menjual beberapa merchandise seperti kaos, poster, mug, souvenir, dan lain-lain. Cara ini dianggap mampu mendongkrak pendapatan dari seorang YouTuber. Merchandise yang dijual pun menonjolkan identitas dari YouTuber itu sendiri.

Bersama dengan peluncuran membershipnya, YouTube juga meluncurkan fitur penjualan merchandise. Melalui fitur ini, YouTuber lebih mudah mengelola penjualan dari merchandise yang mereka produksi.

Baca juga: 10 Youtuber Terkaya di Dunia, Siapa Saja Mereka?

2. Afiliasi Link

Beberapa brand yang mengendorse YouTuber biasanya memasukkan link mereka di akun ataupun website mereka. Dan apabila link ini di “klik”, pastilah akan menambah jumlah view dari YouTuber yang otomatis akan menambah pendapatan mereka.

Selain dari total view, YouTuber juga bisa mendapatkan barang yang mereka “unboxing” secara gratis dan berhak mendapatkan bagian dari hasil keuntungan penjualan produk yang mereka ulas sekitar 5 – 20 %.

3. Iklan

Cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya adalah dengan mencari alternatif media iklan lainnya. Selain Google Adsense, masih ada media periklanan lainnya yang memberikan penghasilan dari video-video yang telah kamu upload di YouTube seperti AdRev, Fullscreenmedia, VidGenX, Film Section, dan Maker Studio.

Syarat agar bisa bergabung dengan alternatif monetisasi tersebut tidaklah sulit karena kamu hanya perlu memiliki akun PayPal karena semua pembayaran melalui PayPal dan menghitung bagi hasil komisi (revenue sharing).

Baca juga: Inilah Sosok Dibalik Channel Youtube Pewdiepie

4. Offline Tour

Jika kamu seorang musisi ataupun seorang stand-up comedian yang juga menjadi YouTuber kamu bisa mengadakan Offline Tour untuk menambah penghasilan kamu. Kamu bisa bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk dengan pihak Event Organizer. Acara nya pun bisa kamu laksanankan di dalam maupun luar kota. Bekerja sambil jalan-jalan.

Namun tidak hanya seseorang musisi ataupun stand-up comedian saja yang bisa melakukan offline tour, jika kamu seorang penggiat olahraga, pelatih olahraga, pemerhati satwa, dan apapun itu juga bisa menyelenggarakan offline tour dengan cara unik yang bisa kamu ciptakan sendiri.

5. Kerjasama Sponsorship

Selanjutnya adalah menjalin kerjasama sponsorship dengan brand-brand ternama agar bisa memasukkan produknya untuk diulas dan dipasarkan melalui akun YouTubemu, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Ibaratnya kamu adalah saluran televisi yang membuka iklan untuk para brand ternama. Video yang dibuat bisa mengulas produk tersebut atau bisa juga kamu menggunakan produk tersebut dan menyisipkan nama brand dalam video yang sedang berlangsung.

Contoh YouTuber ternama yang mendulang uang dari video mereka adalah Ryan ToysRiview yang mereview produk-produk mainan dengan merek ternama. Saking terkenalnya, Walmart yang menjadi salah satu toserba terbesar di dunia juga meminta jasanya tersebut. Jumlah dana yang bisa kamu dapatkan dari kerjasama sponsorship ini jumlahnya bisa 10 kali lipat dari dana yang kamu dapat dari Google Adsense.

Baca juga: Mengapa Membuat Video Review Setidaknya Harus Tiga Orang?

6. Produk TV Series

Cara Lain Mendapatkan Uang dari YouTube

Kamu juga bisa memproduksi mini TV Series atau Web Series. Kamu bisa mengeksplore kemampuan kamu untuk berakting, menjadi sutradara, menjadi sinematografi, ataupun menjadi seorang yang ahli di dunia perfilman. Melalui TV Series ini akan menambah pengalaman kamu sebelum terjun di industri perfilman papan atas.

Setelah produksimu selesai, selanjutnya tingkatkan audiencenya, bikin TV Series lainnya, dan terus perbaiki kualitas Film kamu. Apabila sudah matang kamu bisa mengajukan sponsorhip atau bekerja sama dengan brand-brand papan atas lainnya untuk keperluan promo mereka, sehingga dengan ini pendapatanmu akan terus bertambah.

(AT)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *