Associated Press Umumkan Marketplace NFT untuk Fotografi

Yusrizal Azwar . January 12, 2022

Marketplace NFT akan dibangun oleh penyedia teknologi blockchain Xooa

Sumber: ardwatalab.net

Teknologi.id - Associated Press mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka bekerja dengan penyedia teknologi blockchain Xooa untuk menciptakan pasar untuk token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT).


Outlet berita terkini melaporkan bahwa marketplace akan memberi orang kesempatan untuk membeli versi digital karya dari jurnalis foto AP, termasuk foto yang memenangkan Hadiah Pulitzer.


Hasilnya akan kembali ke organisasi berita AP dan marketpalce akan secara resmi dibuka dengan NFT pertamanya pada 31 Januari.


Dwayne Desaulniers, direktur AP untuk blockchain dan lisensi data, mengatakan bahwa dengan teknologi Xooa, mereka akan dapat menawarkan potongan-potongan tokenized “kepada audiens kolektor NFT fotografi global yang berkembang pesat.”

Baca Juga: Pengaruh Game pada Otak 

“Selama 175 tahun fotografer AP telah merekam cerita terbesar di dunia melalui gambar-gambar mencekam dan pedih yang terus bergema hingga hari ini,” kata Desaulniers.


Dengan menggunakan teknologi NFT, pembeli akan mendapatkan akses ke kumpulan informasi tentang kapan dan di mana foto itu diambil serta pengaturan teknis dan peralatan yang digunakan.


AP mengatakan foto-foto dalam gelombang pertama pada 31 Januari akan mencakup ruang angkasa, iklim, perang, dan banyak lagi. Mereka akan dicetak di blockchain Polygon, menurut AP.


Harga setiap karya akan bervariasi, menurut AP. marketplace juga akan memberi pembeli kesempatan untuk berdagang atau menjual foto yang mereka beli melalui pasar, yang akan menerima kartu kredit serta dompet kripto. Itu juga pada akhirnya akan memiliki dukungan untuk Fortmatic, Binance, dan Coinbase.


Zach Danker-Feldman, kepala marketplace Xooa, mengatakan pekerjaan mereka "memberikan kelangkaan dan utilitas yang melekat bagi kolektor serta koneksi yang kuat antara dunia virtual dan dunia nyata."


“Xooa bangga bekerja dengan The Associated Press untuk meluncurkan marketplace NFT AP,” kata Danker-Feldman.


“Dalam penerapan marketplace ini, penekanan telah diberikan pada aksesibilitas bagi semua jenis kolektor untuk memberdayakan mereka agar bergabung dengan komunitas yang memiliki minat yang sama dalam fotografi yang menakjubkan.”


Ini bukan pertama kalinya AP terjun ke dalam teknologi blockchain. Pada bulan Oktober tahun lalu, mereka menandatangani kesepakatan dengan Chainlink yang akan memungkinkan data AP dipasok dan dijual ke aplikasi yang berjalan di berbagai blockchain. Data tersebut mencakup, data ekonomi, hasil pertandingan olahraga, dan keuangan bisnis.


“Teknologi Chainlink adalah cara ideal untuk menyediakan pengembang kontrak pintar di mana saja di dunia dengan akses langsung sesuai permintaan ke data ekonomi, olahraga, dan panggilan tepercaya AP” kata Desaulniers pada bulan Oktober. “Bekerja dengan Chainlink memungkinkan informasi ini kompatibel dengan blockchain apa pun. Open-Source Software ini dapat diandalkan, aman, dan digunakan secara luas di seluruh jaringan blockchain terkemuka.”

(MYAF)

Baca Juga: NFT, Blockchain, Metaverse Mengubah Dunia Kita Menjadi The Matrix

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar