BrandZ Rilis 50 Merek Indonesia Paling Bernilai, Gojek Tembus Peringkat 6

50 merek
Foto : katadata.co.id

Teknologi.id – Gojek berhasil menembus urutan ke 6 dalam BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands atau daftar 50 merek Indonesia yang paling bernilai berdasarkan riset dari lembaga WPP dan Kantar.

Di daftar yang telah memasuki usia 5 tahun pelaksanaannya di Indonesia ini, Gojek mengalahkan berbagai brand start up lainnya seperti Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Bahkan, Gojek juga mengalahkan berbagai brand yang telah berusia puluhan tahun seperti Dji Sam Soe, Gudang Garam, Marlboro, dan Indomie.

Baca Juga: Cyberjek Resmi Meluncur, Ramaikan Persaingan Transportasi Online Tanah Air

“Pengalaman pelanggan merupakan hal yang utama bagi konsumen Indonesia, brand yang dianggap meningkatkan kualitas hidup mereka, walaupun untuk hal kecil, memimpin dalam hal pertumbuhan nilai brand,” ungkap Country Manager WPP untuk Indonesia dan Vietnam, Ranjana Singh.

Menurut hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), Gojek telah berkontribusi sebesar 44,2 T ke dalam perekonomian Indonesia di tahun 2018.

Beberapa merek terkemuka yang berekspansi ke negara lain seperti Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, dan India semakin mendorong peningkatan kontribusi untuk perekonomian nasional. Indomie, Gojek, Traveloka, Bukalapak dan merek Ritel Alfa (no.23, $ 653 juta) adalah contoh merek yang menciptakan kebutuhan di negara lain dan melokalkan layanan mereka. 

BCA teratas

Sementara itu di peringkat teratas, Bank Central Asia (BCA) masih memimpin dengan peningkatan sebesar 3% dari nilai tahun lalu sebesar US$12,7 miliar menjadi US$13,1 miliar. Peningkatan ini didorong oleh inovasi mobile banking seperti penarikan tunai tanpa kartu, pembukaan akun melalui mobile banking BCA, dan pengalihan akun dengan kode QR dan e-wallet.

Muhammad Ilham, Group Director Kantar Indonesia mengatakan layanan keuangan mendominasi posisi dari hasil riset Brandz “40% atau US$34 miliar dari total brand value merupakan kategori banking,” kata dia. BRI menempati posisi kedua dengan nilai merek sebesar US$11 miliar. Sementara Telkomsel berada di urutan ketiga dengan brand value sebesar US$7,3 miliar.

Baca juga: IDByte 2019 Hadirkan Turnamen PUBG Mobile Berhadiah Rp 750 Juta dan Konferensi Esport

Tren utama yang disorot dalam penelitian Top 50 BrandZ Indonesia meliputi: menjadi berarti bagi konsumen Indonesia, memanfaatkan kebanggaan lokal dan membangun kegembiraan melalui pengalaman di media sosial.

Dibandingkan negara lain, Top 50 Brands di Indonesia memperoleh nilai tinggi dengan skor indeks sebesar 130, berada di urutan ke-2 setelah Cina.

Berikut daftar lengkap BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands atau 50 merek Indonesia paling bernilai tahun 2019:

1. BCA
2. BRI
3. Telkomsel
4. A Mild
5. Mandiri
6. Gojek
7. Dji Sam Soe
8. Surya
9. Gudang Garam
10. Tokopedia
11. BNI
12. Marlboro
13. Traveloka
14. Indomie
15. U Mild
16. Rinso
17. Ponds
18. Matahari
19. XL Axiata
20. IndiHome
21. Indosat Ooredoo
22. Pepsodent
23. Alfamart
24. ABC
25. Bango
26. Ace Hardware
27. Pakuwon Jati
28. Aqua
29. Sariwangi
30. Sinarmas Land
31. Pondok Indah
32. Ciputra
33. Bukalapak
34. Fifastra
35. Sunsilk
36. SCTV
37. Sinarmas Multiartha
38. Lifebuoy
39. Smartfren
40. Garuda Indonesia
41. Summarecon
42. Citra
43. Supermi
44. CIMB Niaga
45. Sarimi
46. Clear
47. Lippo
48. BTN
49. Bank Mega
50. Roma

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending