5 Cara Dapatkan Penghasilan Tambahan

Jika kamu sudah mencoba mengurangi pengeluaran, tetapi masih mempunyai masalah dengan keuangan. Setiap akhir bulan, uang di tabunganmu terkuras habis. Padahal, kamu masih mempunyai banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Belum lagi cicilan-cicilan yang harus kamu bayar.

Sudah melakukan pelbagai cara agar keuanganmu tetap sehat. Namun, apa daya kebutuhan terus bertambah. Apalagi, jika kamu yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Salah satunya adalah dengan mengelola kembali keuanganmu. Jika kamu sudah mengelola keuangan tetapi masih merasa kekurangan, maka kamu perlu mempunyai penghasilan tambahan. Namun, kamu harus rela mengorbankan waktu untuk keluarga atau teman-teman.

Perlu kerja keras untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar kebutuhanmu terpenuhi. Ada beberapa hal yang kamu harus lakukan seperti mempunyai usaha sampingan, freelance atau investasi. Berikut lima cara dapatkan penghasilan tambahan.

  1. Memiliki Second Job

Kamu harus mempunyai second job atau pekerjaan lain selain pekerjaan tetap. Pekerjaan ini akan menambah penghasilanmu. Namun, kamu perlu kerja ekstra keras jika sudah mendapatkan pekerjaan ini. Pikirkan kembali pekerjaan yang tidak menganggu pekerjaan pertamamu.   

2. Freelance

Kamu juga bisa mencari pekerjaan freelance. Cari pekerjaan freelance di laman situs atau perluas pergaulan dengan bergabung dengan komunitas. Jika kamu mempunyai hobi yang dapat menghasilkan uang seperti penyanyi, gitaris atau guru.

3. Memulai Direct Sales Company atau Usaha Sampingan

Memulai untuk direct sales company atau penjualan lansung dalam bentuk barang atau jasa. Di dunia yang serba internet ini, kamu bisa menggunakan e-commerce serta media sosial untuk menjual barang. Ini merupakan langkah yang baik untuk menambah pendapatan dan meningkatkan entrepreneurial skill.

4. Sewa kamar atau rumah

Jika kamu mempunyai apartemen atau rumah yang kosong tidak ditempati. Kamu dapat mengkontrakan rumah atau menyewakan kamar. Cari situs-situs yang menyewakan apartemen atau rumah.

5. Investasi

Kamu dapat memulai untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu akan mendapatkan imbal hasil yang menarik. Mulailah berinvestasi di peer to peer lending salah satunya di Amartha.com. Dengan berinvestasi, kamu akan mendapatkan imbal hasil 15 persen. Kamu dapat memulai berinvestasi dengan dana sebesar Rp 3 juta. Selain berinvestasi, kamu juga turut memberikan dampak sosial bagi pengusaha mikro perempuan di pedesaan. Ini karena, kamu sebagai pendana memberikan pinjaman yang berarti untuk mereka.

Artikel ini bekerja sama dengan Amartha.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *