2 Startup Lokal Indonesia Bidang E-Agrikultural, Dirangkul Telkomsel

Foto: pexels.com

Pada pertengahan tahun 2017 ini, Telkomsel akan memasuki dunia baru. Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) 2017, Telkomsel akan mulai memasuki dunia bisnis di bidang e-agrikultura. Khususnya program terbaru yang dibuatnya yaitu PETANI (Peduli Tani Anak Negeri).

Program baru tersebut merupakan program e-agrikultura yang ditujukkan untuk memberdayakan para petani di Indonesia. Mulai dari permasalahan awal hingga akhir, Dengan memanfaatkan teknologi. Baik itu seluler maupun Internet of Things.

Telkomsel merangkul 2 startup yang menjadi pemenang dan finalis di program kompetisi startup NextDev 2016 kemarin. Yaitu startup lokal Habibi Garden dan Eragano. Telkomsel mempercayakan kedua startup tersebut untuk mengembangkan program PETANI.

Telkomsel sebagai jaringan yang stabil di berbagai tempat pertanian atau perkebunan, akan menjadi solusi bagi program terbarunya PETANI tersebut. Sementara Habibi Garden dengan kemampuannya memonitor kondisi tumbuhan secara real time dan Eragano dalam mengembangkan solusi dari hulu ke hilir. Khususnya bagi petani rumah tangga dengan menyediakan ahli pertanian dan pendampingan menggunakan platform digital.

Lampung Selatan merupakan tempat pertama yang akan dijadikan percobaan. Hal ini untuk komoditas cabai. Sementara Garut, akan digunakan sebagai komoditas kentang. Dengan 9 hektar luas lahan yang digarap, ini melibatkan lebih dari dua kelompok petani. Menggunakan sistem otomasi pada mekanisme pengairan, pemupukan, dan intentitas cahaya, juga penggunaan sensor yang dapat membaca kondisi tanah sebanyak 560 unit.

Sumber: Dirangkum dari Kumparan.com