Sah! Spotify Jadi Sponsor Utama Barcelona di Musim Depan

Aliefa Khaerunnisa . March 16, 2022

Spotify Sponsor Barcelona FC

Foto: The Verge

Teknologi.id - Barcelona telah menandatangani perjanjian sponsor jutaan dolar dengan Spotify, yang mencakup hak nama untuk stadion Nou Camp.

Sebagai bagian dari kesepakatan pemasaran dengan tim sepak bola, Spanyol Barcelona FC, Lapangan​​​​ Camp Nou akan berganti nama menjadi Spotify Camp Nou. Mulai musim 2022/23 atau musim depan, logo Spotify akan ditampilkan di kaus tim pria dan wanita untuk empat musim berikutnya. 


Perjanjian tersebut masih harus disetujui oleh Majelis Anggota Delegasi Luar Biasa Barcelona FC dalam pemungutan suara yang dijadwalkan pada 3 April. Namun, karena Barcelona FC terlilit hutang dan berusaha menjual minat di bagian produksi media tahun lalu, kemungkinan besar akan berlalu.

Kesepakatan itu dilaporkan bernilai 310 juta dollar atau Rp4,5 juta. Hal tersebut bisa lebih berharga, publikasi Spanyol SPORT melaporkan, jika klub memiliki persentase lebih tinggi dari penggemar "terdaftar" - penggemar yang memberi klub akses ke nama, email, dan informasi pribadi lainnya. Hanya sekitar 1 persen dari 350 juta pengikut klub yang terdaftar, menurut laporan itu.


Mulai awal musim depan, Spotify akan ditampilkan di kaus dan perlengkapan latihan klub, dan lapangan milik Barcelona sendiri akan diberi nama Spotify Nou Camp.


Hal ini akan menjadi pertama kalinya stadion menggunakan nama sponsor - dan merupakan momen bersejarah bagi klub yang telah menolak sponsor kaos sampai tahun 2006.


Baca Juga: Spotify Kedatangan Pesaing Ketat, Music Streaming Berbasis NFT

Kesepakatan itu digambarkan sebagai "kemitraan pertama dari jenisnya untuk klub dalam menyatukan dunia musik dan sepak bola" dan akan "melihat pasangan bekerja sama untuk menciptakan peluang bagi jersey ikonik untuk menjadi ruang yang dapat merayakan. seniman dari seluruh dunia".


Rincian keuangan sampai saat ini belum diungkapkan, namun menurut stasiun radio Catalan Rac1, kesepakatan tersebut bernilai  280 juta euro atau sekitar 4,38 triliun rupiah. Kemitraan tersebut kemungkinan akan menjadi salah satu yang paling berharga bagi Barcelona, karena rekeningnya mengalami kerugian 481 miliar euro atau senilai 7 triliun rupiah untuk akhir tahun keuangan 2020 sampai 2021 setelah presiden klub Joan Laporta mengungkapkan mereka memiliki utang menjadi 1,35 miliar euro atau senilai 21 triliun rupiah pada bulan Agustus lalu.


Mengumumkan sponsorship - yang mencakup kontrak empat musim untuk kemeja tim pria dan wanita, perjanjian tiga musim untuk kit pelatihan, dan kontrak jangka panjang untuk stadion - Laporta mengatakan: "Kami sangat bangga mengumumkan aliansi perintis seperti ini dengan organisasi terkenal di dunia seperti Spotify.


"Kemitraan ini akan memungkinkan kami untuk terus membawa klub lebih dekat dengan para penggemarnya dan membuat mereka merasa lebih menjadi bagian dari keluarga Barca melalui pengalaman unik, menggabungkan dua aktivitas seperti hiburan dan sepak bola, memungkinkan kami untuk terhubung dengan yang baru. Penonton di seluruh dunia. (aks)


Barcelona juga mengatakan, “Visi dari kerja sama ini sebagai definisi untuk menciptakan platform baru untuk membantu seniman berinteraksi dengan komunitas global penggemar Barcelona FC,” tuturnya.

Menurut Alex Norström, kepala bisnis freemium Spotify, perusahaan akan memanfaatkan sponsornya untuk "memperkuat karya musisi" dengan cara yang menyatukan "dunia musik dan sepak bola, menawarkan panggung dunia bagi pemain dan artis" di Spotify Camp Nou.


"Spotify berkolaborasi dengan Barca untuk menggunakan akses di dalam stadion kami untuk meningkatkan artis dan memfasilitasi penemuan," kata Norström. "Misalnya, menampilkan dan menargetkan secara geografis artis yang relevan kepada pemirsa TV di seluruh dunia Barça menggunakan tampilan digital yang dinamis." Sementara pemirsa Eropa dapat melihat pesan tentang satu artis, pemirsa televisi di India mungkin terkena pesan yang berbeda dan lebih relevan secara budaya." Hal itu mungkin menyiratkan Spotify akan memasukkan uang ke dalam iklan stadion digital yang berubah tergantung di mana Anda berada dan saluran apa yang sedang menyiarkan pertandingan.

Akan tetapi hanya itu yang dikatakan Norström tentang kerja sama tersebut, dan dia menambahkan bahwa Spotify sedang mengerjakan "bagian menarik lainnya" yang akan diungkapkan akhir tahun ini.


Rakuten, salah satu perusahaan ritel asal Jepang tela menjadi sponsor utama tim pria Barcelona FC sejak 2017. (aks)


Baca juga: Hal yang Perlu Kamu Tahu dari iOS 15.4

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar