Indonesia Bakal Punya Akses Internet 100 Gbps untuk Pendidikan dan Riset

Adiwijaya Kusumajati Supama . August 31, 2022

Photo: iDREN

Teknologi.id - Indonesia akan memiliki jaringan internet yang diperuntukkan untuk penelitian dan pendidikan yang berkecepatan tinggi hingga 100 Gbps yang terhubung ke Tokyo, Jepang. Universitas Brawijaya (UB) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang menyetujui untuk pengoperasian dan pengembangan jaringan 100 Gbps bersama dengan Arterial Research and Educational Network in the Asia Pacific (ARENA-PAC) dan Indonesia Research and Education Network (iDREN).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada Pertemuan Tingkat Menteri Ekonomi Digital G20 di Bali, yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Menteri untuk Transformasi Digital Jepang Taro Kono. Pak Widodo, presiden Universitas Brawijaya mengatakan bahwa saluran 100 Gbps akan 100 kali lebih cepat dari REN Indonesia saat ini dan REN global saat ini. "[Jaringan 100 Gbps] ini merupakan tonggak sejarah penting bagi UB dan institusi riset dan pendidikan di Indonesia," ujarnya beliau pada hari Rabu (31/8/2022).

Foto: Antara News


Dijelaskannya, jaringan ARENA PAC 100Gbps menghubungkan UB dengan iDREN sebagai gateway dan menghubungkan ke Tokyo hingga Guam. Menurutnya, jaringan tersebut akan memungkinkan lebih dari 82 universitas dan berbagai lembaga penelitian yang saat ini terhubung dengan iDREN untuk lebih cepat bertukar data dengan lembaga penelitian dan pendidikan lain di luar negeri dan lembaga swasta untuk melakukan eksperimen pada jaringan untuk dapat mengadakan suatu penelitian.

Jun Murai, co-director ARENA-PAC, mengatakan mengenai iDREN bahwa jaringan 100Gbps akan menciptakan cerita besar tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga untuk akademisi di kawasan Asia-Pasifik. "Saya berharap jaringan ini berkontribusi melalui kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara Asia-Pasifik lainnya, serta juga seluruh dunia demi menciptakan masa depan yang lebih baik," ungkap beliau.

Baca juga: Ini Kata Xiaomi Soal Masalah Keamanan pada HP-nya yang Bercip Mediatek

Ketua iDREN Achmad Affandi mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk mempromosikan kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian melalui jaringan komunikasi data berkecepatan tinggi di Indonesia. "Dengan terhubungnya jaringan IdREN dengan ARENA-PAC sebesar 100 Gbps akan menambah fasilitas infrastruktur dan mengakselerasi kerja sama pendidikan dan riset ke tingkat regional dan global," tutur beliau.

(aks)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar