Harga BBM Naik Akibat Situasi Rusia-Ukraina

Tristan . March 04, 2022

Foto: Kompas


Teknologi.id - Harga 3 BBM Pertamina, yaitu Pertamax Turbo, Pertamax Dexlite dan Pertamax Dex menjadi naik sebesar  Rp500 hingga Rp1.000 per liter.


Hal tersebut dipicu oleh Konflik Rusia-Ukraina yang menghambat pasokan minyak dunia sehingga harga minyak dunia sedang naik berakibat ke kenaikan harga BBM.


Memang selama ini Rusia sebagai salah penghasil minyak terbesar di dunia. Sehingga konflik dengan negara tersebut akan berakibat pada harga minyak dunia.


Sekarang, harga Pertamax Turbo dinaikkan dari Rp12 ribu menjadi Rp13.500 naik lagi menjadi Rp14.500 per liter. 


Sementara Pertamax Dexlite dinaikkan dari Rp9.500 menjadi Rp12.150 sekarang dinaikkan lagi  menjadi Rp12.950 per liter.


Untuk Pertamax Dex yang sebelumnya sudah naik dari Rp11.050 ke Rp13.200 kini menjadi Rp13.700.


Kenaikan harga BBM Pertamina tersebut merata di sejumlah daerah-daerah Indonesia seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, hingga NTB.


Untuk daerah di sekitarnya menyesuaikan dengan harga di masing-masing daerah, walau memang belum ada perubahan untuk Pertamax dan Pertalite


Menurut Irto Ginting, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, harga 3 bahan bakar yang naik merupakan bahan bakar non subsidi bagi masyarakat yang mampu.


Ginting juga menyebut bahwa harga ini sesuai dengan harga pasar minyak dunia yang selalu direview tiap dua minggu sekali.


Harga bahan bakar lain seperti Pertamax dan Pertalite juga tidak akan berubah tambahnya.


“Penyesuaian mengikuti harga market global dan sesuai ketentuan KESDM, harga akan direview rutin setiap 2 minggu. Meskipun operator lain sudah menyesuaikan harga terlebih dulu, harga BBM Pertamina masih lebih kompetitif,” ucap Ginting.


Baca juga: Tahun 2030, Gojek Katakan Akan Pakai Motor Listrik 100 Persen


(TTD)



author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar