Apple & Google Kena Denda Pemerintah Italia Karena Ini

Muhammad Iqbal Mawardi . November 29, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Apple dan Google masing-masing didenda €10 juta (sekitar $11,3 juta) oleh otoritas persaingan Italia karena tidak mendapatkan persetujuan pengguna dengan benar sebelum menggunakan data mereka untuk tujuan komersial.

Keduanya dituduh tidak memberi tahu pengguna dengan benar kapan data mereka akan digunakan dengan cara ini, sehingga pelanggan tidak dapat memberikan persetujuan mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Google mengatakan tidak setuju dengan keputusan tersebut dan berencana untuk mengajukan banding.

“Kami memberikan kontrol sederhana kepada orang-orang untuk mengelola informasi mereka dan membatasi penggunaan data pribadi, dan kami bekerja keras untuk sepenuhnya mematuhi aturan perlindungan konsumen,” ucap seorang juru bicara Google.

Baca juga: Apple Tunda Rilisnya SIM Digital di Wallet Apple

Sedangkan Apple tidak segera menanggapi dengan komentar terkait hal ini. Ini adalah kedua kalinya Apple didenda oleh regulator Italia minggu ini, setelah itu dan Amazon terkena denda dengan total lebih dari €200 juta karena membatasi siapa yang diizinkan untuk menjual produk Apple dan Beats di toko Italia Amazon.

Perjanjian 2018 antara kedua perusahaan berarti bahwa hanya pengecer tertentu yang diizinkan untuk menjual produk di Amazon.it. Seorang regulator menambahkan bahwa ini melanggar aturan persaingan UE. Selain denda, kedua perusahaan diminta untuk mengakhiri pembatasan.

Baik Apple dan Amazon mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengajukan banding atas denda. Apple mengatakan bahwa perjanjian seperti ini ada untuk menjamin bahwa pelanggan membeli produk asli.

Amazon menyebut denda tersebut tidak proporsional dan tidak dapat dibenarkan dan menambahkan bahwa kesepakatannya dengan Apple menguntungkan pelanggan Italia yang dapat menemukan produk Apple dan Beats terbaru di tokonya dan mendapat manfaat dari katalog yang lebih dari dua kali lipat, dengan penawaran dan pengiriman lebih cepat.

Denda €10 juta tidak mungkin dicatat di neraca Apple atau Google. Apple baru-baru ini melaporkan menghasilkan pendapatan $83,4 miliar pada kuartal terakhir, sementara Google menghasilkan $65,1 miliar.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar