Ilmuwan Pakai Sinar-X untuk Deteksi Covid-19, Cepat dan Akurat

Fabian Pratama Kusumah . January 20, 2022

Foto: UWS

Teknologi.id – Para ilmuwan di University of the West of Scotland (UWS) memelopori program terobosan Artificial Intelligence (AI) yang mampu mendeteksi virus jauh lebih cepat daripada tes PCR yang biasanya memakan waktu lebih dari dua jam.

Prosesnya dimulai dengan menggunakan teknologi sinar-X tercanggih dan membandingkan hasil pemindaian dengan database hampir 3000 gambar, milik pasien Covid-19, orang sehat, dan lainnya dengan virus pneumonia.

Proses AI kemudian menggunakan algoritma untuk menganalisis citra visual dan membuat diagnosis. Dalam pengujian, teknik ini ditemukan 98 persen akurat.

Diharapkan bahwa teknologi tersebut pada akhirnya dapat digunakan untuk membantu negara yang mengalami kesulitan, terutama di negara-negara di mana tes PCR tidak tersedia.

Profesor Naeem Ramzan, Direktur Affective and Human Computing for SMART Environments Research Center di UWS, memimpin tim yang terdiri dari tiga orang di belakang proyek, yang juga melibatkan Gabriel Okolo dan Dr Stamos Katsigiannis.

Baca juga: BRIN Ciptakan Tes Covid-19 Metode RT-LAMP, Lebih Murah dari PCR

“Sudah lama ada kebutuhan akan alat yang cepat dan andal yang dapat mendeteksi Covid-19, dan ini menjadi semakin nyata dengan naiknya varian Omicron,” ujarnya.

“Beberapa negara tidak dapat melakukan tes Covid dalam jumlah besar karena alat diagnosis yang terbatas, tetapi teknik ini menggunakan teknologi yang mudah diakses untuk mendeteksi virus dengan cepat,” tambahnya.

Namun, dia mengakui gejala Covid-19 tidak terlihat pada rontgen pada tahap awal infeksi sehingga tidak dapat sepenuhnya menggantikan tes PCR.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar