Banyak Tuai Kritik, Aspal di Sirkuit Mandalika akan Dilapis Ulang

Fabian Pratama Kusumah . February 17, 2022

Foto: Head Topics

Teknologi.idSirkuit Mandalika mendapat beberapa kritik. Misalnya media Eropa, The Race  yang meyakini ada sejumlah spesifikasi yang tidak sesuai di Sirkuit Mandalika.

Mereka menuliskan bahwa komposisi batu yang direkomendasikan konsultan tak dipakai di lintasan Sirkuit Mandalika.

Hal senada juga diungkapkan oleh beberapa pembalap seperti Fabio Quartararo dan Aprilia Aleix Espargaro.

Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang mengawasi homologasi trek juga telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Hasilnya, sebagian Sirkuit Mandalika akan dilapis ulang.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad menyatakan perbaikan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu akan diaspal ulang menyusul kesepakatan FIM, Dorna, dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

"Kami akan melakukan pengelupasan di lapisan aspal teratas dan kami aspal ulang. Pengerjaan tidak kepada seluruh lintasan tapi di beberapa tempat saja," ujarnya.

Baca juga: Media Eropa Sebut Sirkuit Mandalika Tak Sesuai Spesifikasi

"Masalah hanya ada di beberapa titik, tapi kami mempertimbangkan risiko dan keberlanjutan. Kami tidak ingin tanggung-tanggung. [Perbaikan] tidak di semua lintasan, hanya 15-17 persen dari total trek, dari sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5," ucap Novel.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, menyebutkan adanya faktor alam ini membuat sirkuit manapun juga bakal mengalaminya. Jadi, kesalahan bukan ada di bagian konstruksi lintasan.

“Sama halnya rumah baru, kalau ditempati juga akan ada retak-retak halus. Di sini tak bisa sempurna hasilnya karena ada tanah yang turun sehingga bagiannya berubah,” ucap Satria Priandhi dalam konferensi pers virtual.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar