FAA AS Keluarkan Pemberitahuan Dampak Penerbangan Nirkabel 5G

Fikriah Nurjannah . January 13, 2022

foto : reuters.com

Teknologi.id – Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengatakan akan menerbitkan pemberitahuan Kamis pagi (13/01), merinci sejauh mana dampak yang berpotensial dari layanan nirkabel 5G yang baru, pada elektronik pesawat yang sensitif.

FAA telah melakukan pembicaraan dengan produsen pesawat, maskapai penerbangan, dan operator nirkabel, untuk mengurangi dampak layanan nirkabel yang baru dan akan dimulai pada 19 Januari.

FAA telah memperingatkan bahwa gangguan potensial dapat berdampak pada instrumen pesawat yang sensitif seperti altimeter.

AT&T dan Verizon Communications, yang memenangkan hampir semua spektrum C-Band dalam lelang senilai $80 miliar pada tahun lalu, dan pada 3 Januari setuju untuk menyangga zona di sekitar 50 bandara untuk mengurangi risiko adanya gangguan.

Mereka juga setuju untuk menunda penempatan selama dua minggu, untuk menghindari kebuntuan keselamatan penerbangan.

FAA mengatakan akan menerbitkan apa yang dikenal sebagai Pemberitahuan untuk Misi Udara (Notices to Air Missions) pada Kamis tengah malam, yang menawarkan perincian tentang "pesawat dengan altimeter yang belum diuji atau yang memerlukan perbaikan atau penggantian tidak akan dapat melakukan pendaratan visibilitas rendah dimana 5G dikerahkan."

Diantara pemberitahuan tersebut yakni rincian mengenai bagaimana pendekatan instrumen di bandara-bandara utama yang dapat terpengaruh.

FAA telah menetapkan bahwa beberapa pendekatan yang dipandu GPS akan terus dimungkinkan di bandara tertentu seperti Miami dan Phoenix.

FAA mengatakan pada hari Rabu (12/01) bahwa mereka "berharap untuk memberikan pembaruan segera tentang perkiraan persentase pesawat komersial yang dilengkapi dengan altimeter yang dapat beroperasi dengan andal dan akurat di lingkungan 5G C-Band."

Industri nirkabel menyediakan data lokasi pemancar tambahan, dan FAA mengatakan dapat menentukan bahwa dalam penyebaran awal 5G, pesawat akan dapat mendarat dengan aman dalam kondisi visibilitas rendah di beberapa landasan pacu tanpa batasan.

FAA masih "bekerja untuk menentukan altimeter radar mana yang dapat diandalkan dan akurat dengan 5G C-Band yang dikerahkan di Amerika Serikat."

Pada hari Jumat, FAA memilih 50 bandara AS yang akan memiliki zona penyangga ketika operator nirkabel mengaktifkan layanan 5G C-band yang baru.

(fnj)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar