Apple Patenkan Stylus Pen yang Mampu Deteksi Tekstur dan Warna di Dunia Nyata

Afiyah Khaulah . January 03, 2023
Ilustrasi Apple Pen (phonearena.com)


Teknologi.id - Mendiang pendiri Apple, Steve Jobs bukan penggemar stylus pen pada perangkat layar sentuh. Baginya, stylus tidak memberikan pengalaman maksimal dalam penggunaan layar sentuh. Namun sekarang, Apple siap merubah pandangan tersebut dengan inovasinya yang membawa alat tulis digital ke tingkat yang lebih tinggi.

Sekarang, Apple siap memimpin pasar stylus pen dengan paten terbarunya yang terdaftar di lembaga Patent and Trademark Office Amerika Serikat dengan nomor 20220413636 A1. Dalam perangkat terbaru ini, Apple Pencil akan dapat mengidentifikasi warna dan tekstur pada permukaan objek, dengan menyematkan sensor optik dan emitor cahaya pada ujung stylusnya. Jadi bagaimana cara kerja dari perangkat baru ini?

Baca Juga : Rumor iPhone 15 yang Ditunggu di 2023

Cara Kerja Apple Pen


Desain Apple Pencil yang mendapatkan paten (PatentlyApple)


Untuk mengidentifikasi warna dan tekstur, pengguna mungkin harus mengatur Apple Pencil pada sudut tertentu atau memerlukan pencahayaan yang tepat. Sensor optik yang ada pada Apple Pencil akan mengidentifikasi warna dan tekstur pada permukaan objek, sedangkan emitor cahaya pada perangkat ini akan membaca spektrum warna dari objek yang dianalisis. Setelah warna dan tekstur teridentifikasi, informasi tersebut akan dikirim pada iPad atau perangkat lainnya yang telah dihubungkan (pairing).

Baca juga: 5 Rekomendasi iPad Terbaik untuk Dibeli di 2023

Waktu Release Di Pasaran

Teknologi Apple Pen terbaru ini diperkirakan akan diwujudkan pada tahun 2024. Asumsi ini didasarkan oleh waktu yang dirasa tepat untuk menawarkan stylus digital baru bersamaan dengan peluncuran iPad Pro ditahun 2024 yang menggunakan layar OLED.

Namun peluncuran teknologi yang telah dipatenkan ini belum dapat dipastikan. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Apple telah beberapa kali mengajukan paten dalam pengembangan stylus, namun tidak diwujudkan dalam bentuk produk mereka.

(ak)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar