Apple kena Denda Karena Teknologi 4G

Muhammad Iqbal Mawardi . August 18, 2021

Foto: Shutterstock

Teknologi.id – Perusahaan besutan mendiang Steve jobs, Apple diminta untuk membayar denda sebesar US$300 juta atau senilai Rp4,3 triliun. Denda tersebut merupakan sengketa paten atas teknologi nirkabel 4G Long Term Evolution (LTE) besutan PanOptis.

Denda ini berdasar pada keputusan pengadilan federal di Texas, Amerika Serikat yang memutuskan Apple melanggar paten milik Optis.

PanOptis merupakan pemilik paten teknologi LTE yang biasa ditemukan pada layanan internet 4G. Teknologi itu diklaim sebagai jaringan nirkabel dengan pertumbuhan tercepat.

Awalnya pada 2012 pengadilan telah menjatuhi denda sebesar US$506,2 juta atau senilai Rp7,2 triliun (kurs Rp14.386) karena Apple karena telah melanggar hak paten penggunaan jaringan 4G LTE. Namun paten tersebut tak hanya kepada PanOptis, melainkan ke dua perusahaan yakni Optis Cellular dan Unwired Planet.

Baca juga: Pegawai Baru Apple Akan Kecipratan Bonus Tinggi, Berminat

"Kami berterima kasih kepada pengadilan atas waktu mereka, tetapi kami tetap kecewa dengan putusan dan berencana untuk banding," ucap pihak Apple.

Apple juga menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya pembelaan agar mereka tak menerima uang yang tidak seharusnya mereka terima. Apple menuduh jalur hukum tersebut merupakan bagian dari upaya Optis mengumpulkan dana dari produsen iPhone.

Di satu sisi, Apple mengajak Hakim Distrik AS, Rodney Gilstrap untuk melakukan sidang ulang. Gilstrap mengatakan belum memiliki keputusan atas hal tersebut.

Sebelumnya, Optis menyebut smartphone, jam tangan, dan tablet Apple yang beroperasi jaringan 4G menggunakan teknologi yang telah dipatenkan.

Kantor Paten dan Merek Dagang AS, Teknologi milik PanOptis telah digunakan oleh beberapa perusahaan teknologi seperti Panasonic, Samsung, dan LG Electronic melansir Bloomberg.

Panasonic dan LG disebut mengalihkan kepemilikan masing-masing paten 4G ke Optis Cellular pada tahun 2014 silam. Sedangkan Samsung mengalihkan paten ke Unwired Planet pada 2017.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler