Apple Didesak untuk Segera Pakai USB Type C di iPhone

Muhammad Iqbal Mawardi . June 08, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id - Apple dan produsen ponsel pintar lainnya akan diminta membuat USB-C sebagai bagian dari standar pengisian daya tunggal untuk perangkat seluler di seluruh Uni Eropa (UE) paling lambat pada 2024.

Aturan itu berada di bawah undang-undang baru yang diumumkan belum lama ini oleh pejabat UE. Ini bertujuan untuk mengurangi limbah elektronik dan menghilangkan pemborosan kabel.

"Ponsel, tablet, e-reader, earbud, kamera digital, headphone dan headset, konsol video gim genggam dan speaker portabel yang dapat diisi ulang melalui kabel kabel harus dilengkapi dengan Tipe USB-C port, terlepas dari pembuatannya," ucap Wakil Presiden Komisi Eropa, Margrethe Vestager.

Undang-undang ini akan berlaku untuk perangkat elektronik kecil dan menengah baru yang dijual di UE. Ini berarti pengisi daya iPhone lama tidak akan berfungsi pada model masa depan, dan laptop pada akhirnya harus menggunakan pengisi daya USB-C sebagai standar juga. Perangkat yang dijual sebelum batas waktu 2024 tidak akan terpengaruh oleh keputusan tersebut.

Baca juga: Apple Resmi Umumkan Desain Baru MacBook Air!

Apple telah mengkritik proposal di masa lalu, mengklaim itu menghambat inovasi. "Kami tetap khawatir bahwa peraturan ketat yang mengamanatkan hanya satu jenis konektor menghambat inovasi daripada mendorongnya, yang pada gilirannya akan merugikan konsumen di Eropa dan di seluruh dunia," tutur juru bicara Apple kepada CNBC Internasional beberapa waktu lalu.

Namun, menurut laporan Bloomberg, Apple sudah menguji iPhone dengan port USB-C, menunjukkan bahwa raksasa teknologi sudah bersiap-siap untuk perubahan.

Pengisi daya yang mendukung pengisian cepat juga akan diminta untuk mengadopsi kecepatan pengisian yang sama. Tindakan tersebut tidak memengaruhi teknologi pengisian daya nirkabel, dan konsumen harus dapat membeli perangkat tanpa pengisi daya yang disertakan jika mereka mau.

Melansir CNN Internasional, upaya untuk mengamanatkan standar tunggal untuk pengisian daya di Eropa telah dilakukan lebih dari satu dekade. Para pejabat UE pada satu titik telah mendapatkan dukungan industri untuk standar USB Micro-B.

Tetapi kesepakatan sukarela di antara produsen besar untuk itu berakhir pada 2014 dan tidak diganti. Sementara, undang-undang yang akan datang untuk mewajibkan USB-C, sebaliknya adalah yang pertama dari jenisnya.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar