Yuk Intip Fitur Baru yang Tengah Dikembangkan WhatsApp!

Nadine Azahra Prasetyo . September 14, 2021

Foto: Unsplash

Teknologi.id Saat ini, WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan sebuah fitur yang akan menawarkan salinan atau transkrip dari pesan suara yang kamu terima di WhatsApp, yang memungkinkan kamu untuk dengan mudah membaca dan mengetahui isi dari pesan suara tersebut tanpa harus repot-repot mendengarkannya. Fitur ini dikabarkan tengah dikembangkan untuk iOS. Masih belum jelas mengenai kapan fitur ini akan secara resmi dirilis melalui WhatsApp beta untuk para pengguna iPhone atau kapan fitur ini akan berfungsi di Android. 

Berdasarkan sebuah screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, fitur ini bekerja dengan cara mengirimkan data dari ucapan yang terdapat dalam pesan suara ke Apple, dan bukan ke Facebook, yang merupakan parent company dari WhatsApp. Terdapat sebuah pernyataan bahwa data ini juga akan membantu Apple dalam meningkatkan teknologi speech recognitionnya. Pada saat ini, pesan suara di WhatsApp sendiri dilindungi oleh end-to-end encryption milik WhatsApp. 

Pesan suara memang merupakan sebuah fitur WhatsApp yang berguna, terutama ketika kamu sedang dalam keadaan tidak bisa mengetik. Namun, pesan suara kadang bisa jadi suatu hal yang merepotkan penerimanya, yang tidak memiliki earphone atau sedang dalam situasi di mana mereka tidak dapat mendengarkan pesan suara, atau tidak punya waktu untuk mendengarkan pesan suara secara keseluruhan. Fitur salinan atau transkrip pesan suara ini dapat memudahkan penerima, dengan membuat mereka dapat melihat konten pesan suara tersebut, atau melihat detail-detail penting dalam pesan suara tanpa harus mendengarkan audionya terlebih dahulu.

Menurut laporan WABetaInfo, salinan dari pesan suara akan disimpan di perangkatmu setelah mereka dibuat, dan akan terdapat bagian “salinan” atau “transkrip” yang akan memudahkanmu untuk langsung melewati informasi-informasi yang sekiranya tidak terlalu penting, ke informasi paling penting dari pesan suara yang kamu terima. Saat ini, membuat salinan dari pesan suara WhatsApp hanya dapat dilakukan melalui perangkat lunak third-party

Pada saat ini, masih tidak terdapat tanda-tanda bahwa fitur yang mirip akan tersedia di WhatsApp Android. Namun, mengingat keseimbangan fitur di antara aplikasi-aplikasi WhatsApp, WABetaInfo menspekulasikan bahwa fitur ini juga akan terdapat dalam aplikasi WhatsApp di Android. 

(NAP)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler