Wow! Traveloka Dapat Suntikan Modal dari BUMN Migas Thailand

Amanda Rayta Putri . August 02, 2022
Foto: ThaiPost


Teknolog.id - Startup Indonesia semakin hari tampaknya semakin giat menunjukkan kualitasnya. Banyak startup Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dari luar negeri. Beberapa startup Indonesia bahkan mendapat perhatian dari negara lain. Terbaru ada Traveloka yang mendapat suntikan modal dari salah satu perusahaan minyak milik Pemerintah Thailand yang bernama, PTT Oil and Retail Business Pcl (OR).

President and Chief Executive Officer of OR Jiraphon Kawswat mengungkapkan bahwa kolaborasi antara BUMN migas dari Thailand dan Traveloka akan memberikan solusi gaya hidup tambahan kepada pelanggan.

"Ini juga sejalan dengan strategi OR untuk menjadi solusi satu atap atas semua layanan terkait gaya hidup,” kata Jiraphon, Kaoho International, Minggu, 31 Juli 2022.

Untuk jumlah pastinya memang tidak disebutkan. Tetapi, Traveloka berhasil mendapatkan dana sebesar lebih dari US$ 200 juta atau bila dirupiahkan sekitar Rp 2,9 triliun (Jika menggunakan kurs saat ini). Adapun, harapan dari kerjasama ini yaitu, terciptanya peluang pertumbuhan bagi OR dan Traveloka di pasar domestik dan internasional. Selain itu, peluang investasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan semakin terbuka melalui bisnis platform.

Baca juga: Startup Penyedia Pekerjaan Sampingan Dapat Suntikan Dana Rp 21,3 Miliar

Startup Indonesia lainnya yang dapat dana dari luar negeri sebelum Traveloka

Sebelum, Traveloka ada beberapa startup Indonesia yang juga mendapatkan dana dari luar negeri. Pertama, Kopi Kenangan. Pada Mei 2020, Pendanaan Seri B dari investor, Sequoia Capital sebesar US$109 Juta atau sebesar Rp1,6 Triliun. Pada pendanaan Seri B ini banyak perusahaan yang ikut memberikan dananya. Diantaranya, Sofiina, Horizon Ventures hingga JWC Alpha. 

Lalu, dilanjutkan pada April 2022 kembali mendapatkan pendanaan sebesar USD $ 96 Juta atau sebesar Rp1,4 Triliun (jika menggunakan kurs saat ini) yang kali ini diberikan oleh Tybourne Capital Management yaitu, sebuah firma investasi yang berpusat di San Fransisco, Amerika Serikat.

Kedua, Bibit sebuah startup reksa dana yang mendapat pendanaan dari Sequoia  Capital India sebesar USD $30 Juta atau sebesar Rp430 Miliar pada Januari 2021. (jika menggunakan kurs saat ini). Hal ini juga disampaikan oleh Vice President VP Sequioa Capital India,  Rohit Agarwal turut “Secara global kami melihat konsumer mulai memindahkan tabungan mereka dari produk dengan yield rendah, seperti emas dan properti beralih kepada produk finansial dengan yield yang lebih tinggi. Di Indonesia, kami melihat Bibit sebagai platform investasi terpercaya yang dapat membantu jutaan masyarakat Indonesia berinvestasi secara optimal.” kata Rohit, seperti dikutip dari dailysocial.id pada (05/01/2021).

Baca juga: Cara Transfer Saldo dari Paypal ke Bank, Gampang Banget!

Terbaru, ada startup Super Atom yang baru saja mendapatkan pendanaan seri C sebesar 22 juta atau sebesar sekitar 327 miliar Rupiah (jika menggunakan kurs saat ini) yang berasal dari perusahaan investasi asal Malaysia, Nue 3 Capital. Pemberian dana ini tujuannya untuk membantu mengembangkan inovasi keuangan digital serta memperluas produk-produk perbankan digital dan kredit SuperAtom secara global.

Ternyata, ada startup yang sudah mendapatkan pendanaan tapi justru bangkrut!

Ternyata, tidak selamanya startup yang mendapatkan pendanaan bisa bertahan. Ada juga beberapa startup yang justru bangkrut walau sudah mendapatkan pendanaan. Salah satunya yaitu, Airlift startup asal Pakistan yang bergerak dibidang jasa pemesanan makanan online yang justru mengumumkan bangkrut pada Juli 2022. Padahal, Airlift pada Agustus 2021 mendapatkan pendanaan sebesar US$85 Juta atau sebesar Rp1,2 Triliun.

(arp)

Seri B sebesar US$109 juta atau setara dengan Rp1,6 triliun pada Mei 2020 lalu. Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Intip Rahasia Kopi Kenangan, Raih Suntikan Dana dari Investor Hingga US$100 Juta", Klik selengkapnya di sini: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210203/88/1351733/intip-rahasia-kopi-kenangan-raih-suntikan-dana-dari-investor-hingga-us100-juta. Author: Dewi Andriani Editor : Novita Sari Simamora Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini: Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Intip Rahasia Kopi Kenangan, Raih Suntikan Dana dari Investor Hingga US$100 Juta", Klik selengkapnya di sini: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210203/88/1351733/intip-rahasia-kopi-kenangan-raih-suntikan-dana-dari-investor-hingga-us100-juta.
Author: Dewi Andriani
Editor : Novita Sari Simamora

Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIO
author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar