WhatsApp Premium Segera Hadir, Apa Bedanya dengan yang Biasa?

Lusita Amelia . October 11, 2022

foto: unsplash

Teknologi.id - Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp. Aplikasi yang disediakan gratis oleh developer ini dapat digunakan untuk mengirim pesan, telepon, panggian video, hingga untuk berbisnis. WhatsApp secara resmi meluncurkan WhatsApp dan WhatsApp Business untuk para pengguna dengan berbagai tujuan. Kali ini, WhatsApp juga berinovasi dengan rencana merilis WhatsApp Premium. Lalu, apa bedanya dengan aplikasi WhatsApp biasa?

Menurut situs WABetaInfo, aplikasi WhatsApp Premium ini akan dikhususkan untuk pengguna WhatsApp Business. Aplikasi ini akan  dilengkapi dengan fitur baru, tetapi pengguna harus membayar sejumlah nominal yang disediakan. WhatsApp Premium ini merupakan paket berlangganan untuk menunjang komunikasi bisnis pengguna melalui WhatsApp Business. Ternyata, WhatsApp Premium sudah diluncurkan oleh pihak perusahaan ke pengguna WhatsApp Business versi beta baik untuk Android maupun iOS di beberapa negara. Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Premium

Fitur Terbaru WhatsApp Premium untuk Pengguna WhatsApp Business

1. Satu akun WhatsApp bisa dihubungkan dengan lebih dari 5 perangkat

Fitur pertama yang ditawarkan WhatsApp Premium yaitu kemampuan untuk menautkan akun WhatsApp Business hingga ke 10 perangkat. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna untuk mengelola obrolan, utamanya ketika satu akun menerima banyak obrolan dari pelanggan. Tentunya fitur ini dapat membantu para pengusaha ataupun karyawan yang bekerja sebagai admin untuk membalas pesan-pesan yang masuk ke dalam aplikasi WhatsApp Business.

2. Link tautan yang lebih efektif

foto: WABetaInfo

WhatsApp Premium juga dilengkapi dengan sejumlah fitur lain, yaitu membuat link tautan untuk menjangkau pelanggan, hingga peningkatan. Link tautan ini akan menghubungkan akun WhatsApp Business ke perangkat baru sehingga tidak hanya terfokus pada 1 perangkat saja. Akun WhatsApp Business yang berlangganan WhatsApp Premium bisa memiliki tautan pendek yang unik dan dapat disesuaikan. Misalnya https://wa.me/mybusiness atau tautan yang disesuaikan dengan nama toko agar lebih mudah diingat pelanggan.

Pengguna tidak perlu lagi membuat link berbeda atau menggunakan generator untuk membuat link dengan nama perusahaan. Hal ini akan mempermudah pengguna agar lebih efektif dan efisien karena dapat dilakukan hanya melalui satu aplikasi saja. 


Baca juga: 7 Aplikasi untuk Mempermudah Konsultasi Kesehatan Mentalmu

Sampai sejauh ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak WhatsApp mengenai tanggal perilisan dan harga berlangganan untuk WhatsApp Premium. Aplikasi ini masih dalam bentuk beta dan sedang dalam tahap pengerjaan atau mungkin pemuktahiran. Nantinya, para pengguna tidak diwajibkan untuk mengupgrade WhatsApp Business sebelumnya ke bentuk Premium. Aplikasi ini akan tersedia secara opsional sehingga kalian tidak perlu khawatir harus membayar setiap bulannya untuk mengakses WhatsApp Business. 

Informasi mengenai akan dirilisnya WhatsApp Premium ini telah dicanangkan sejak bulan Mei 2022. Namun, sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan dimunculkan dalam waktu dekat ini. Dengan perkembangan dunia digital, WhatsApp Business menjadi salah satu opsi yang diminati para pengusaha karena tersedia secara gratis dan pengoperasiannya pun mudah. WhatsApp Business dapat membuat interaksi kalian dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan menyediakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat.

Beberapa fitur lain juga tersedia di WhatsApp Business, seperti fitur katalog. Fitur ini berguna sebagai galeri untuk menampilkan produk atau jasa yang Anda tawarkan pada pelanggan. Dengan adanya katalog, pembeli akan lebih mudah mencari sesuatu yang mereka inginkan. Fitur ini juga bisa menyembunyikan barang yang kosong dan menampilkan keterangan stok habis. Selain itu, kalian juga tidak perlu repot untuk menyebarkan broadcast secara satu per satu karena aplikasi ini menyediakan fitur pesan otomatis. Fitur pesan otomatis menyediakan template berbalas untuk memberitahu pembeli mengenai kapan pesan mereka akan direspon. Dalam pesan otomatis ini, penjual bisa menuliskan kalimat sapaan dengan informasi tambahan seputar bisnis.

Dengan rencana perilisan WhatsApp Premium, tentunya akan memberikan inovasi dan peningkatan terbaru pada aplikasi yang akan memudahkan para pengguna dalam mengoperasikannya. Berkembangnya dunia digital harus terus diimbangi juga dengan fitur-fitur tambahan baru sebagai bentuk efisiensi dalam meningkatkan produktivitas pengguna. Apakah kalian tertarik untuk berlangganan WhatsApp Business Premium?

Baca juga: Inilah Fitur Tersembunyi di Android untuk Lacak HP Hilang

(LA) 

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar