Wah! YouTube Luncurkan Fitur Baru bagi Pengguna di Indonesia, Apa Itu?

Ahmad Khoirul Anam . August 18, 2022

Teknologi.id – YouTube dilaporkan telah meluncurkan dua fitur baru bagi para penggunanya di Indonesia. Fitur tersebut bernama Super Chat dan Super Stickers. Kedua fitur “saweran” tersebut digadang-gadang dapat membantu kreator konten untuk bisa dapat uang lebih dari para penontonnya melalui live chat.

Diluncurkan pada 16 Agustus lalu, YouTube melalui keterangan resminya melaporkan bahwa fitur Super Chat dan Super Stickers sudah bisa digunakan. Terutama bagi para kreator yang telah berpartisipasi dalam Program Partner Youtube.

“Kami akan meluncurkan fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia. Kreator yang berpartisipasi dalam Program Partner YouTube dapat menggunakannya mulai hari ini,” tulis YouTube dalam keterangan resminya.

Fitur monetisasi terbaru dari YouTube tersebut diharapkan mampu membantu memperkuat hubungan kreator dengan para penontonnya. Kedua fitur tersebut memberikan kemudahan bagi para penonton untuk menyawer konten kreator favorit mereka. 

Baca juga: Ladang Cuan Baru? YouTube Garap Channel Store untuk Langganan Streaming Platform Lain

“Kami terus berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan yang baik dengan penggemar mereka dan membangun lebih banyak cara untuk membantu mereka berkembang lebih jauh. Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan Super Chat dan Super Stickers,” kata Product Manager Paid Digital Goods YouTube, Barbara Macdonald, mengutip Republika.

Secara lebih lanjut, jumlah pembeli langganan channel terus meningkat. Menurut data YouTube, pada Juni 2021, terdapat lebih dari 50 ribu penonton di Indonesia yang membeli langganan channel. Di mana jumlah tersebut telah meningkat pesat dari tahun sebelumnya mencapai lebih dari 500 persen.

Pada bulan dan tahun yang sama, juga terdapat lebih dari 1.500 channel YouTube di Indonesia yang memperoleh penghasilan dari produk monetisasi selain adsense. Produk monetisasi alternatif tersebut adalah langganan channel yang mana naik mencapai 2.400 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut Barbara Macdonald, Product Manager YouTube, kreator konten saat ini telah berkontribusi ke ekonomi kreatif. Kreator konten pun juga telah berhasil mengangkat opini positif dengan menyebarkan hal-hal positif dan memulai perubahan.

Baca juga: Pelajari Algoritma YouTube agar Memperoleh Views Jutaan!

“Kreator saat ini telah berkontribusi ke ekonomi kreatif dan mendefinisikan apa artinya menjadi pemimpin opini, menggunakan YouTube sebagai platform untuk menyebarkan hal-hal positif dan memulai perubahan,” katanya, dikutip dari CNNIndonesia.

Kreator konten di Indonesia pun memiliki beberapa opsi untuk memikat penontonnya sekaligus memberikan cuan tambahan kepada mereka. Hal ini mengingat bahwa fitur “saweran” telah digunakan di beberapa platform berbagi video lain.

“Oleh karena itu, kami terus berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan yang baik dengan penggemar mereka dan membangun lebih banyak cara untuk membantu mereka berkembang lebih jauh. Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan Super Chat dan Super Stickers!” tambahnya.

Cara Penggunaan Super Chat

Fitur baru YouTube, Super Chat, merupakan pesan berwarna-warni yang disorot di chat pada saat streaming. Chat tersebut akan membuatnya tampil beda dari pesan chat lain agar telihat semakin menarik. Selain terlihat lebih menarik, pesan chat tersebut juga akan bertahan di chat bagian paling atas paling lama hingga 5 jam.

“Super Chat akan disematkan di chat bagian paling atas paling lama 5 jam, sehingga pesan akan dilihat oleh lebih banyak orang,” tulis YouTube.

Berikut adalah cara mengaktifkan Super Chat:

  1. Login ke studio.youtube.com
  2. Klik Monetisasi, di menu sebelah kiri
  3. Klik Supers dan ikuti petunjuk di layar
  4. Muncul opsi untuk mengaktifkan “Status Super Chat Aktif” 

Cara Penggunaan Super Stickers

Berbeda dari Super Chat, Super Stickers ini adalah stiker keren yang dapat dibeli oleh penonton YouTube. Stiker keren tersebut berfungsi untuk mendukung kreator konten favorit mereka. Stiker yang akan tersedia juga cukup beragam, mulai dari berbagai jenis bentuk dan bahasa.

“Super Stickers adalah stiker keren yang dapat dibeli penonton untuk mendukung kreator favoritnya. Stiker tersedia dalam berbagai jenis dan bahasa, serta dapat digunakan kreator untuk memperoleh penghasilan sambil membina hubungan dengan para penontonnya,” tulis YouTube.

Berikut adalah cara mengaktifkan Super Stickers:

  1. Login ke studio.youtube.com
  2. Klik Monetisasi, di menu sebelah kiri
  3. Klik Supers dan ikuti petunjuk di layar
  4. Muncul opsi untuk mengaktifkan “Status Super Stikers Aktif” 

Nah, seperti itulah artikel mengenai YouTube luncurkan fitur baru bagi pengguna di Indonesia. Kreator konten pun memiliki banyak opsi lebih untuk meningkatkan penghasilan dan menjaga hubungan erat dengan penonton mereka.

(aka)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar