Twitter Sebut Tangkal Hoaks COVID-19 Duluan dari yang Lain

Rima Fidayani Rizki . October 16, 2020

Foto: BBC

Teknologi.id - Dalam usaha menangkal misinformasi di media sosial, Twitter mengklaim pihaknya telah lebih dahulu melakukan konten moderasi mengenai hoaks COVID-19 dibandingkan platform lain, seperti Youtube dan Facebook.

Baca Juga: Twitter Down, Kata Perusahaan Bukan Karena Diretas

Agung Yudha, Director of Public Policy & Philanthropy, Indonesia & Malaysia, Twitter, mengatakan bahwa Twitter sudah melakukan moderasi konten seputar COVID-19 dan vaksinnya sejak Februari 2020.

"Twitter sudah duluan, kita sejak 12 Februari sudah umumkan melakukan konten moderasi terkait informasi seputar COVID-19,” ujar Agung dalam diskusi virtual, Kamis (15/10).

Dalam melakukan moderasi konten, Agung mengatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan Twitter juga memberi akses komunikasi dengan Satgas apabila konten hoaks seputar COVID-19 terdeteksi oleh pihaknya. Tak hanya itu, komunikasi dengan Satgas juga dilakukan apabila konten terdeteksi misinformasi.

"Apabila ada misinformasi maka Satgas itu bisa share ke kita dan kita takedown informasi itu karena pegangan kita itu dari Satgas dan WHO," lanjut Agung.

Penghapusan konten pada Twitter juga berlaku pada cuitan yang bermuatan konten abusive atau bullying. Agung menegaskan bahwa konten tersebut akan segera dihapus jika ada yang melaporkannya. Namun, jika tidak ada yang melapor maka konten tersebut tidak akan dihapus.

"Prinsip yang dijalankan bersama ke konten-konten yang abusive, karena konten abusive itu objektif maka kita andalkan report. Kalau tidak dilaporkan ya berarti para pengguna oke-oke saja dan tidak dikategorikan abusive," ujar Agung.

Twitter saat ini juga sudah meluncurkan pusat informasi seputar COVID-19 pada laman covid19.twitter.com dan laman khusus Twitter. Laman-laman tersebut menyediakan informasi terkini mengenai SARS-CoV-2 di Indonesia dan di negara-negara lain.

Baca Juga: Ingin Beli Ponsel Bekas? Simak Dulu 5 Tips Ini

Sumber berita yang ada juga telah diverifikasi oleh Twitter, demi menghindari misinformasi dan hoaks. Untuk mengakses laman khusus tersebut (pada dekstop), pengguna bisa mengklik ikon tagar di bagian kiri dan selanjutnya akan terlihat banner biru dengan tulisan ‘COVID-19’ yang dapat diklik. Dari situ, pengguna bisa melihat berbagai informasi terkini dan aktual mengenai COVID-19.

(rf)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler