Tangkal Hoax COVID-19, WhatsApp Batasi Forward Pesan Hanya 1 Kali

Teknologi.id . April 07, 2020

forward whatsapp

Foto: Harare Live


Teknologi.id - Sebagai upaya menangkal penyebaran hoax alias misinformasi perihal wabah COVID-19, Whatsapp mengeluarkan kebijakan baru dengan membatasi forward pesan hanya satu kali dalam kurun waktu tertentu.

"Hari ini kami memperkenalkan fitur yang membatasi pesan-pesan ini, sehingga hanya dapat diteruskan ke satu chat dalam satu waktu," ujar WhatsApp dalam keterangan resmi, kemarin Selasa (7/4/2020).

WhatsApp menyebut selama periode wabah COVID-19, terdapat lonjakan yang signifikan pada jumlah forward pesan. Meskipun tidak semua pesan yang diteruskan mengandung misinformasi, namun dengan jumlah pesan yang melonjak signifikan pastinya juga meningkatkan peluang terjadinya penyebaran misinformasi. 

Baca juga: Tak Terpengaruh Corona, Blokir IMEI Ponsel BM Diterapkan Sesuai Jadwal

"Kami percaya akan pentingnya memperlambat penyebaran pesan seperti itu untuk menjaga agar WhatsApp tetap menjadi tempat berlangsungnya percakapan pribadi," ujar WhatsApp.

Kebijakan terkait forward pesan ini menjadi yang kesekian kalinya setelah sebelumnya forward chat bisa diteruskan ke banyak percakapan dalam satu waktu.

Kemudian, sejak awal 2019 WhatsApp melakukan pembatasan forward pesan hanya diperbolehkan sebanyak 5 kali dalam satu waktu.

Baru-baru ini pun WhatsApp juga telah memberikan tanda khusus pada pesan yang di-forward berkali-kali dengan tanda panah ganda di sisi atas pesan, agar pengguna mengetahui pesan tersebut merupakan pesan terusan dari pengguna lainnya.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps Tampilkan Restoran yang Bisa Antar Makanan ke Rumah

Selain dengan upaya pembatasan forward pesan, WhatsApp juga bekerja sama dengan banyak LSM, pemerintah, WHO dan kementerian nasional di lebih dari 20 negara untuk membantu pengguna mendapatkan informasi yang akurat di tengah wabah COVID-19.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin melaporkan hoax dan berita palsu juga bisa melapor ke Pusat Informasi Coronavirus milik WhatsApp. Di Indonesia, WhatsApp juga sudah meluncurkan chatbot berkolaborasi dengan Kemenkominfo.

"Tim kami terus bekerja keras untuk memastikan WhatsApp tetap memberikan layanan terbaik selama masa pandemi global ini," pungkas WhatsApp.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya