Setelah Duo, Giliran Google Meet Luncurkan 4 Fitur Baru

Sutrisno Zulikifli . April 27, 2020
Ilustrasi virtual meeting (Dok Google)



Teknologi.id - Google sedang gencar merebut pasar Zoom pada aplikasi panggilan/konferensi video. Setelah Google Duo mencanangkan perbaruan fitur baru, Google Hangout Meet lebih dulu merilis fitur baru.

Bahkan, dari empat (4) baru yang dirilis, salah satunya cukup mirip dengan fitur milik Zoom, yakni gallery view yang memungkinkan orang-orang yang terhubung dalam video dapat saling melihat wajah atau foto profil satu sama lain dalam satu layar secara bersamaan.

“Setiap hari, semakin banyak orang terhubung di Google Meet, dan kami ingin memastikan mereka memiliki fitur yang mereka butuhkan untuk dibagikan agar menjadi produktif,” tulis Google di laman blognya.

BACA JUGA: Google Duo Canangkan 4 Fitur Anyar, Apa Saja?

Berikut ini empat fitur baru dari Google Meet yang dilansir CNET:

1. Tampilan video diperluas
Google memperluas tampilan video yang hadir pada Google Meet dari empat orang secara bersama menjadi 16 orang, yang mirip dengan di Aplikasi Zoom. Perusahaan penjelajah web itu berharap penggunanya menjadi memiliki opsi tata letak video tambahan dan dukungan untuk bertemu dengan peserta yang terlihat lebih banyak.

Tampilan yang berbentuk mirip susunan ‘ubin’ yang diperluas mulai diluncurkan pada klien web Google Meet saja. Namun, Google berencana untuk memperluas fitur ke klien dan perangkat lain segera. Pembaruan ini muncul hanya dua pekan setelah Google melarang karyawannya menggunakan Zoom.

2. Berbagi video dan audio berkualitas tinggi
Google Meet ditambahkan fitur yang memampukannya berbagi video dengan audio berkualitas tinggi yang menjadi keunggulannya. Google mengatakan fitur ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk rapat jarak jauh.

3. Mode low-light di ponsel
Google menambahkan mode minim cahaya ke versi seluler Google Meet. Fitur ini bisa menerangi video pengguna untuk mengkompensasi pencahayaan yang kurang ideal di lingkungan mereka berada. Saat ini, fitur hanya tersedia di ponsel, tapi Google mengatakan akan segera ditambahkan ke versi web Meet.

BACA JUGA: Panggilan Grup WhatsApp Kini Bisa Tampung hingga 8 Orang, Begini Caranya

4. Filter noise latar belakang
Pengguna Google Meet yang memiliki G Suite Enterprise dan G Suite for Education akan dapat menggunakan perangkat cerdas penyaringan bising yang bersumber dari latar belakang pengguna.

Gangguan bising atau noise bisa datang dari suara gonggongan anjing, teriakan anak, percakapan orang lain dan mesin kendaraan bermotor. Fitur ini awalnya tersedia di klien web, tapi akan diperluas ke perangkat seluler di masa mendatang. 

(sz)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler