Saingi TikTok, YouTube Rilis Fitur Shorts

Luthfiana Mifta . September 15, 2020

Foto: GameRevolution

Teknologi.id - Setelah sempat dirumorkan beberapa waktu lalu, YouTube pekan ini mulai menggulirkan Shorts, fitur video pendek yang serupa dengan TikTok, dalam versi early beta untuk platform Android di India.

Desas-desus kehadiran Shorts pertama kali didengar April lalu, ketika CEO YouTube, Susan Wojcicki, mengungkap kehadiran fitur video pendek pada aplikasi besutannya.

Seperti halnya Instagram yang memasukkan Reels sebagai salah satu fitur di dalam aplikasinya, demikian juga dengan YouTube. Shorts akan tersedia sebagai salah satu fitur dari aplikasi utama YouTube.

Hal ini wajar, mengingat membuat aplikasi baru lebih membutuhkan waktu dan biaya. Jadi, lebih praktis kalau memanfaatkan aplikasi yang sudah memiliki basis penggemarnya sendiri.

Baca juga: Wow! Huawei Ciptakan Teknologi Pengisi Daya Nirkabel Jarak Jauh

Foto: 9to5Google

Shorts memungkinkan pengguna untuk mengunggah video pendek berdurasi 15 detik dengan cuplikan lagu-lagu populer sebagai musik latar belakang. Kendati begitu, video yang lebih dari 15 detik akan dipecah menjadi beberapa klip berkelanjutan.

Pengguna pun bisa mengatur waktu hitung mundur kapan proses perekaman akan dilakukan. Tidak hanya itu, mereka juga dapat mengontrol kecepatan video untuk menambahkan beberapa opsi kreatif.

Pihak YouTube sendiri telah bekerja sama dengan label musik hingga musisi ternama demi menghadirkan 100.000 lagu pada Shorts. Fitur Shorts sendiri dapat dijumpai pada aplikasi YouTube versi mobile. 

Setelah merekam video dan menambah musik, pengguna dapat mengunggahnya, sehingga bisa disaksikan oleh pengguna lain. Nantinya, pengguna akan mendapati sebuah beranda baru pada laman YouTube, yang serupa dengan halaman "For You" pada TikTok. Beranda ini dikhususkan untuk menampilkan video-video pendek kreasi para pengguna fitur Shorts.

Baca juga: Kurangi limbah, Peneliti Usulkan Masker N95 yang Bisa Diisi Ulang

(lm)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya