Rusia Buat NashStore untuk Gantikan Google Play Store

Fabian Pratama Kusumah . March 30, 2022

Foto: Sunshine News

Teknologi.id – Pengembang teknologi informasi asal Rusia, Digital Platform, berencana merilis toko aplikasi alternatif sebagai pesaing Google Play Store yang bernama NashStore.

Pasar aplikasi NashStore akan diluncurkan pada 9 Mei 2022, bertepatan dengan perayaan nasional kemenangan Uni Soviet melawan Nazi pada Perang Dunia II.

NashStore, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "OurStore", atau “toko kami” akan melayani perangkat seluler Android.

Layanan ini kompatibel dengan kartu pembayaran elektronik, Mir, yang dikeluarkan oleh bank sentral Rusia

Dilansir dari Reuters, pihak pengembang mengklaim aplikasi di dalamnya dapat diunduh secara gratis, dan juga ada yang berbayar yang sudah terintegrasi dengan bank Rusia.

YouTube dan Google Play mulai bulan ini menangguhkan layanan pembayaran di Rusia, termasuk untuk layanan berlangganan.

Baca juga: AS Ancam China jika Masih Jual Chip ke Rusia

Negara-negara Eropa mulai memberikan sanksi untuk aktivitas perbankan Rusia sejak negara tersebut menyerang Ukraina.

"Sayangnya, orang Rusia biasanya tidak dapat lagi menggunakan Google Play untuk membeli aplikasi dan pengembang telah kehilangan sumber pendapatan mereka," kata direktur proyek di Digital Platforms, Vladimir Zykov.

“Itulah sebabnya mengapa kami membuat toko aplikasi Rusia, NashStore,” ujarnya. Pihaknya pun terbuka bagi individu atau perusahaan yang ingin bekerja sama dengan NashStore.

"Semua orang dapat mengajukan permohonan penyertaan perangkat lunak mereka di NashStore melalui situs web resmi NashStore.ru," ucap Zykov.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar