Platform Steam, Dota 2, CS:GO yang Diblokir Kominfo, Sudah Dapat Diakses Kembali!

Lusita Amelia . August 02, 2022
Foto: TechRadar edit by Teknologi.id


Teknologi.id - Beberapa hari belakangan ini sangat ramai di media sosial mengenai pemblokiran beberapa situs dan aplikasi yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Kebijakan ini menuai berbagai kontroversi karena kegiatan masyarakat terjadi terganggu oleh adanya pemblokiran ini. Reaksi dan gerakan pun sudah banyak dilakukan untuk mengembalikan akses situs dan aplikasi yang sudah diblokir, seperti Steam, PayPal, Dota, Origin, dsb. Para pecinta games sangat menyayangkan kejadian ini dan membuat beberapa cuitan atau video sindiran kepada Kominfo. Namun, per-hari ini situs Steam, Dota 2, CS:GO sudah dapat diakses kembali. Benarkah? Mari disimak artikel di bawah ini!

Berawal dari diblokirnya platform-platform per-tanggal 30 Juli 2022 lalu membuat berbagai pihak masyarakat menyuarakan keresahannya, khususnya bagi para pecinta games yang sering mengakses platform tersebut. Dota 2, CS:GO, Steam, Epic Game Store merupakan sebagian PSE yang diblokir oleh Kominfo. Dikutip dari inet.detik (2022), Semuel Abrijani Pangerepan mengatakan bahwa,

"Mereka sudah berhasil menghubungi kita, jadi sekarang sudah terjadi korespodensi, antara Steam, Dota 2, dan CS:GO. Ini mereka sudah menyatakan sedang memproses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, mereka sudah bisa melengkapi dan juga masyarakat yang pengguna layanan game ini, sudah bisa segera dapat menggunakan kembali." Pernyataan tersebut disampaikan oleh beliau dalam Konferensi Pers Perkembangan Terbaru Pendaftaran PSE Lingkup Privat -- (31/7/2022) 

Pernyataan ini menjadi kabar gembira bagi para pengguna layanan di Indonesia karena ada kemungkinan untuk dapat diaksesnya kembali situs-situs yang terblokir tersebut. Akan tetapi, dua platoform lainnya, yaitu Epic Games dan Origin dikabarkan belum melakukan pendaftaran dan pelaporan kepada Kominfo sehingga kedua platform tersebut belum dapat diakses oleh masyarakat umum. Berbagai media sosial juga sudah mengabarkan bahwa platform Steam sudah dapat diakses tanpa memerlukan VPN atau bantuan lainnya. Kendati demikian, timbul pertanyaan dari para pengguna, apakah platform ini hanya dibuka selama 5 hari? Atau sudah dibuka sepenuhnya?

Baca juga: Cara Transfer Saldo dari Paypal ke Bank, Gampang Banget!

Masyarakat membutuhkan segera kepastian dan kejelasan regulasi mengenai peraturan ini. Hal ini lantaran masyarakat merasa dirugikan karena adanya pemblokiran ini. Banyak pengguna yang sudah melakukan transaksi melalui platform-platform tersebut sehingga tidak bisa menikmatinya karena kejadian ini. Reaksi masyarakat dan para gamers juga didasari oleh keinginan Kominfo untuk mendukung E-sport Indonesia, tetapi justru memblokir platform penyedia tersebut. Seperti yang pernah diterbitkan oleh akun twitter 

Dilansir dari TerasJabar (2022), Semuel Abrijani mengatakan bahwa dirinya juga seorang gamer sehingga dapat memahami perasaan para pengguna yang mengeluh tentang diblokirnya akses kepada platform tersebut,

"Game saya itu game golf. Jadi kalau lagi santai, ya saya main game golf. Saya juga merasakan, tapi aturan tetap harus ditegakkan. Sekali lagi, aturan tetap harus ditegakkan. Kalau tidak, nanti negara dianggap plin-plan." Begitulah ujaran beliau pada konferensi pers hari Minggu, 31 Juli 2022. 

Dengan demikian, diharapkan para pengguna juga dapat lebih bersabar dan berharap para penyelenggara sistem elektronik tersebut segera mendaftarkan dirinya sesuai tenggat waktu yang diberikan. Dibukanya kembali akses Steam, Paypal, ataupun platform lainnya menjadi tanda bahwa kiranya penyebaran informasi atau sosialisasi mengenai suatu kebijakan dapat ditingkatkan lagi, khususnya kepada masyarakat. Masyarakat akan lebih memahami apabila penyampaian kebijakan ini diumumkan dengan lebih jelas. Hal ini lantaran dikatakan bahwa pihak PayPal dan beberapa PSE lainnya tidak menerima informasi atau laporan dari Kemkominfo mengenai regulasi tersebut. Inilah yang membuat para PSE tidak merasa perlu mendaftarkan diri agar tidak diberhentikan aksesnya.

Platform-platform yang sudah dapat diakses dapat kalian lihat pada laman https://pse.kominfo.go.id/home/pse-asing. Di situ kalian dapat melihat platform apa saja yang sudah terdaftar, dihentikan sementara, dan dicabut. Kalian juga dapat melihat rincian pembaruan data seperti yang tertera pada situs tersebut. 

foto: tangkapan layar pribadi -- 02/08/2022

Bagaimana, sudahkah kalian mengakses platform tersebut hari ini? Jangan lupa untuk terus memantau dan mengamati perubahan-perubahan yang ada di sekitar kita. 

(LA)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar