Perangi Hoaks, WhatsApp Rilis Fitur Baru

Nimas Disri . August 05, 2020

Foto: Business Insider

Teknologi.id - Tak dapat dipungkiri, WhatsApp telah menjadi bagian dari penyaluran informasi yang ada di masyarakat saat ini. Ragam kabar bisa diterima dalam hitungan detik ke beberapa orang bahkan kelompok sekaligus. Namun yang seringkali menjadi masalah, pesan yang disebarkan melalui WhatsApp ini merupakan pesan-pesan yang belum dikonfirmasi kebenarannya atau bisa jadi menyebarkan berita bohong (hoaks).

Baca Juga: Apple akan Rilis MacBook Baru Termurah Sepanjang Sejarah

Nah, pada rilisan terbaru WhatsApp, terdapat fitur Search the Web untuk memastikan kebenaran dari informasi yang disebar. Fitur ini memiliki ikon kaca pembesar, yang jika diketuk akan langsung mengarahkan kamu ke sumber informasi, baik melalui website atau Google. 

"Fitur baru ini membebaskan pengguna untuk mengunggah pesan yang mereka dapat ke browser sendiri. Sehingga, WhatsApp tidak dapat dapat melihat pesan tersebut demi menjaga privasi," tutur pihak WhatsApp dalam pernyataan resminya. Tujuannya adalah untuk membantu pengguna mencari kebenaran informasi dari pesan yang sudah diteruskan berulang kali. 

Foto: detikinet

Dilansir dari Gizmochina, ikon kaca pembesar ini nantinya akan muncul di sebelah pesan apa pun setelah diteruskan ke lima orang atau lebih. Dengan begitu, fitur ini diharapkan mampu mengurangi atau bahkan menghentikan penyebaran informasi yang salah di masyarakat. 

Untuk sementara, fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp Android, iOS, dan Web di Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris, serta Amerika Serikat. Ke depannya, fitur ini akan diterapkan secara global oleh WhatsApp sebagai bentuk konsistensi WhatsApp dalam memerangi hoaks yang beredar lewat platform berbagi pesan miliknya. 

Baca Juga: Ratusan Ribu Data Nasabah KreditPlus Diduga Bocor

Terlebih, saat pandemi Covid-19 ini, banyak sekali hoaks dan informasi tidak benar beredar, yang justru menghambat penanggulangannya. 

Meski fitur terbaru WhatsApp ini belum tersedia di Indonesia, pastikan untuk selalu mengecek kebenaran setiap informasi yang kamu dapat sebelum menyebarkannya, ya!

(nd)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya