Meta & Chime Gugat Penipuan Phising di Facebook & Instagram

Fikriah Nurjannah . February 09, 2022

Foto: reuters

Teknologi.id – Induk Facebook, Meta Platforms mengatakan pada hari Selasa (08/02) bahwa pihaknya telah mengajukan gugatan bersama dengan perusahaan perbankan digital, Chime.

Gugatan diajukan terhadap dua individu yang berbasis di Nigeria, yang terlibat dalam serangan phishing untuk menipu orang, dan mendapatkan akses ke akun keuangan online mereka.

Gugatan tersebut merupakan pengaduan bersama pertama, antara Meta dan sebuah perusahaan jasa keuangan.

Chime dan Meta menuduh bahwa para terdakwa menggunakan akun Facebook dan Instagram untuk menyamar sebagai Chime, dan memikat orang ke situs web phishing bermerek palsu, dengan tujuan mendapatkan informasi login akun Chime mereka dan menarik dana.

Dalam gugatan yang diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California, Meta mengatakan para terdakwa menggunakan jaringan komputer, untuk mengontrol lebih dari 800 akun Instagram yang meniru identitas, dan lima akun Facebook, untuk menyembunyikan aktivitas mereka dan menghindari masalah atau tindakan penegakan teknis.

Baca Juga : Fitur Baru Uber Ingatkan Pengendara Agar Pasang Sabuk Pengaman

"Penipuan peniruan identitas adalah tantangan serius, dan tindakan ini merupakan langkah besar untuk maju, dalam kolaborasi lintas industri melawan penyalahgunaan ini," kata direktur penegakan platform dan litigasi Meta, Jessica Romero, dalam sebuah posting blog.

Disamping itu, perusahaan Fintech Chime diluncurkan oleh mantan Visa Inc, eksekutif Chris Britt dan alumnus Comcast Corp, Ryan King pada tahun 2012.

Reuters secara eksklusif melaporkan bulan lalu bahwa Chime telah meminta Goldman Sachs untuk membantu persiapan IPO.

Sementara itu, Meta mengatakan telah mengambil beberapa tindakan sebelumnya terhadap para terdakwa sejak Juni 2020 karena melanggar ketentuannya, termasuk menonaktifkan akun mereka, memblokir peniruan domain pada platformnya, dan mengirim surat berhenti dan pemberhentian.

(fnj)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar