Kamera Instagram Tidak Dapat Terhubung? Ini Solusinya

Teknologi.id . August 10, 2020

Foto: Istimewa

Teknologi.id - Beberapa pengguna Instagram pasti pernah mendapatkan notifikasi “Tidak dapat terhubung ke kamera” atau “Cannot connect to camera” ketika akan mengambil foto atau video menggunakan kamera Instagram.

Umumnya, notifikasi tersebut muncul dikarenakan aplikasi Instagram tidak memiliki izin (permission) untuk mengakses kamera smartphone kita. Namun, penyebab lainnya bisa juga karena file cache yang penuh serta aplikasi yang sudah corrupt atau rusak hingga kadaluarsa karena tak diperbarui.

Nah, bagi kalian yang aplikasi Instagram-nya mengalami permasalahan tersebut, simak 5 cara mengatasi kamera Instagram tidak dapat terhubung di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengetahui Siapa yang Sering Kepoin Profil WhatsApp-mu

1. Cek izin kamera Instagram

Cara yang pertama bisa kalian lakukan adalah dengan mengecek ulang izin (permission) aplikasi Instagram untuk mengakses kamera smartphone kita.

Buka menu Settings > Installed Apps > Instagram > Permission manager

Scroll ke bagian bawah dan perhatikan pilihan Access camera. Jika terlihat tanda silang berwarna merah, itu artinya aplikasi Instagram di smartphone kita tidak diizinkan untuk mengakses kamera.

Langsung saja tap pada Access camera, nanti akan muncul pilihan seperti di ini:

Untuk memberikan akses kamera ke Instagram maka pilih Accept. Tutup jendela Settings, lalu buka lagi aplikasi Instagram. Coba untuk memotret menggunakan kamera Instagram kalian, jika sudah bisa berarti masalah selesai.

2. Bersihkan file cache

Penyebab munculnya pesan error “Tidak dapat terhubung ke kamera” saat menggunakan Instagram juga bisa disebabkan karena penuhnya file data dan cache di aplikasinya. Untuk membersihkan data dan cache aplikasi Instagram langkahnya sangat mudah:

Buka Settings > Installed Apps > Instagram > Clear data dan Clear cache.

Setelah data dan cache dibersihkan, coba buka lagi aplikasi Instagram lalu coba buka kamera Instagram. Jika ternyata kamera sudah bisa digunakan berarti masalahnya memang ada pada data dan cache aplikasinya.

3. Install ulang Instagram


Foto: Play Store


Masih belum berhasil? Bisa jadi penyebab munculnya pesan error “Tidak dapat terhubung ke kamera” dikarenakan aplikasinya yang sudah rusak atau corrupt.

Langsung saja uninstall aplikasinya, kemudian install yang baru dari Playstore. Jika sudah coba buka Instagram, login, lalu cobalah menggunakan kamera Instagram. Jika kamera berhasil terhubung berarti yang bermasalah adalah aplikasinya.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram?

4. Gunakan kamera bawaan


Foto: Tom's Guide


Ketiga langkah di atas belum berhasil? Maka solusi alternatifnya adalah relakan saja kamera Instagram dan gunakanlah kamera bawaan smartphone kalian.

Hal ini berlaku bila yang bermasalah hanyalah kamera pada aplikasi Instagram sementara kamera bawaan smartphone kalian masih bisa berfungsi. Dengan cara ini kalian masih bisa mengunggah foto dan video ke Instagram secara manual setelah mengambil foto atau video dengan aplikasi kamera bawaan terlebih dahulu.

5. Factory reset

Munculnya notifikasi “Tidak dapat terhubung ke kamera” di aplikasi Instagram bisa jadi memang karena aplikasi kamera bawaannya yang sudah rusak. Hal ini bisa disebabkan karena ada virus atau malware jahat yang tanpa kita sadari sudah menyusup dalam sistem.

Solusi pamungkas adalah dengan mereset smartphone kembali ke settingan pabrik atau factory reset. Factory reset akan mengembalikan kondisi smartphone seperti saat kita pertama kali membelinya.

Berikut ini langkah-langkah melakukan factory reset: Buka Settings > Additional settings > Backup & reset > Factory data reset > Tap pada tombol Reset phone.

Tunggu beberapa saat hingga smartphone melakukan booting ulang. Setelah selesai booting, kalian akan mendapati smartphone kalian seperti baru keluar dari pabrik dengan sistem dan aplikasi yang akan berfungsi seperti smartphone baru.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya