India Blokir (Lagi) Aplikasi Asal Cina, PUBG Salah Satunya?

Nimas Disri . July 28, 2020

Foto: South Asia Journal

Teknologi.id - Setelah sebelumnya memblokir 59 aplikasi, kali ini India menambah kembali daftar aplikasi asal Cina yang dilarang digunakan di negaranya. 

47 aplikasi yang dilarang ini masih berhubungan erat dengan 59 aplikasi sebelumnya, seperti TikTok Lite, Helo Lite, Sharelt Lite, Bigo Lite, dan VFY Lite. Bahkan kali ini, game PUBG yang sebelumnya lolos dari pemblokiran, terancam dilarang dan tidak bisa diakses oleh para gamer. Nasib yang sama juga menimpa AliExpress milik Alibaba. 

Baca Juga: SWI Minta Kemenkominfo Tutup Website Jouska

Dilansir dari AFP, salah seorang pejabat India yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, "Kami telah memblokir 47 aplikasi ponsel asal Cina yang menekankan keseriusan pemerintah tentang privasi dan keamanan data." 

Pejabat India di Kementerian Informasi India tersebut juga menyatakan bahwa perintah pemblokiran itu telah dikeluarkan sejak Jumat pekan lalu dan alasan pemblokiran masih sama dengan 59 aplikasi sebelumnya. Meski begitu, belum ada keterangan resmi dari pemerintah India terkait pemblokiran 47 aplikasi asal Cina ini. Namun beberapa media besar di India telah melaporkannya. 

Baca Juga: Inilah Kelompok Peretas Paling Berpengaruh Sepanjang 2020

Pihak pemerintah India saat ini telah mengkaji lebih dari 275 aplikasi yang berhubungan erat dengan Cina. Upaya ini digencarkan mengingat isu keamanan nasional dan privasi data pengguna yang sempat digaungkan beberapa waktu belakangan. 

Menurut rumor yang beredar, pemblokiran aplikasi asal Cina juga disebabkan oleh sentimen anti-Cina yang mencuat belum lama ini. Sentimen anti-Cina berkembang sejak bentrokan terjadi di Lembah Galwan pada Juni lalu yang menewaskan 20 tentara India. Banyak warga yang melancarkan protes agar pemerintah memblokir produk-produk asal Cina. 

(nd)
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler